Ini Alasan Wenger 'Irit' Belanja Pemain

manajer Arsenal, Arsene Wenger
Sumber :
  • Reuters / Adam Holt

VIVA.co.id - Tak diragukan lagi, jika Arsenal adalah salah satu tim elite Eropa. Bukan hanya prestasi, The Gunners juga merupakan salah satu klub yang sebenarnya punya kekuatan finansial yang mumpuni.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Tetapi, Arsenal juga jadi salah satu klub yang paling irit dalam hal pengeluaran, terutama saat membelanjakan uangnya untuk transfer pemain.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, Arsenal memang tak seboros beberapa pesaingnya dalam hal belanja pemain. Tercatat, Arsenal menggelontorkan dana tertinggi untuk belanja pemain adalah di musim 2014/2015. 
5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

Kala itu, Arsenal menggelontorkan dana sebesar £85,9 juta (Rp1,5 triliun) untuk memboyong beberapa bintang antara lain, Alexis Sanchez, Mathieu Debuchy, Danny Welbeck, David Ospina, dan Gabriel Paulista.
Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?

Jumlah tersebut kalah jauh, jika dibandingkan dengan jumlah pengeluaran dana transfer MU, yang mencapai £148 juta, atau setara dengan Rp2,5 triliun.

Musim lalu, Arsenal, bahkan hanya mengeluarkan dana sebesar £20,6 juta (Rp353 miliar). Dua transfer terbesar Arsenal musim lalu, hanya untuk Petr Cech dan Mohammed Elneny.

Manajer Arsenal, Arsene Wenger, membeberkan alasannya terkait hal kebijakan transfernya. Wenger mengatakan, dia senantiasa mengeluarkan uang dengan perhitungan ketat, dan menganggapnya seperti membelanjakan uang sendiri.

"Menurut saya pribadi, satu-satunya cara untuk menjadi seorang manajer adalah harus menghabiskan uang klub, seolah itu adalah uang Anda sendiri. Jika Anda tidak melakukan itu, Anda rentan terhadap banyak kesalahan," ujar Wenger dikutip Standard.

"Anda membuat keputusan besar dan saya percaya Anda harus bertindak seperti memakai uang sendiri. Anda juga harus bertindak seolah Anda adalah pemilik klub," katanya.

Musim ini, Arsenal baru mendatangkan empat pemain anyar yakni, Granit Xhaka, Takuma Asano, Rob Hodling, dan Kelechi Nwakali. Untuk mendatangkan empat pemain ini, Arsenal mengeluarkan dana sebesar £43 juta (Rp736 miliar).

(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya