Presiden FIFA Ingin Piala Dunia Diikuti 48 Negara

Presiden FIFA, Gianni Infantino
Sumber :
  • REUTERS/Ruben Sprich

VIVA.co.id – Sebuah gagasan menambah kuota peserta Piala Dunia diungkap langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino. Suksesor Sepp Blatter ini memiliki ide untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia, yang tadinya hanya 32 negara menjadi 48 negara.

Geser Lionel Messi, Pemain Timnas Indonesia Ini Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia

Gagasan ini diungkap Infantino dalam kunjungannya ke sebuah universitas di Bogota, Kolombia, Senin 3 Oktober 2016 waktu setempat.

Infantino mengaku sudah mengajukan proposal kepada Dewan FIFA terkait gagasan ini. Andai ide Infantino untuk menambah jumlah peserta disetujui, bukan tak mungkin Piala Dunia jadi sebuah turnamen yang lebih besar.

Geser Malaysia dan Singapura, Rangking FIFA Timnas Indonesia Melesat

"Ide FIFA adalah untuk mengembangkan sepakbola di seluruh dunia. Piala Dunia adalah event (sepakbola) terbesar yang ada. Ini lebih dari sebuah kompetisi, ini adalah sebuah acara sosial," ujar Infantino dikutip FourFourTwo.

"Ide ini untuk mencari solusi terbaik. Kami akan memperdebatkan ini dengan mereka (Dewan FIFA) bulan ini. Dan kami akan memutuskannya di tahun 2017," katanya

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Menurut Infantino, skema Piala Dunia jika diikuti 48 klub adalah 16 negara lolos langsung dalam fase grup. Sementara 32 negara lainnya harus lebih dulu melakoni laga kualifikasi, yang juga digelar di negara tuan rumah. 32 negara yang mengikuti kualifikasi akan memperebutkan 16 tempat yang tersisa, untuk bisa lolos ke fase grup.

"Idenya adalah, 16 tim akan lolos langsung ke fase grup dan 32 (negara) lainnya akan bermain di fase awal, di negara Piala Dunia dimainkan. Mereka akan memperebutkan 16 tempat tersisa. Ini berarti Piala Dunia berjalan normal dengan 32 tim, tapi akan ada 48 tim yang ikut serta," ucap Infantino.

Legenda Timnas Indonesia di acara hut pssi

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

PSSI menggelar acara Hari Ulang Tahun ke-94, kegiatan berlangsung secara sederhana di Jakarta, Jumat 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024