Teknologi Baru Bikin Kontoversi di Piala Dunia Klub 2016

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.
Sumber :
  • REUTERS/Kacper Pempel

VIVA.co.id – Teknologi baru dalam sepakbola yang diuji pada Piala Dunia Klub 2016, menuai kontroversi. Video Assistant Referee membuat klub-klub peserta, termasuk Real Madrid kebingungan. 

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

"VAR (Video Assistant Referee) telah menciptakan kebingungan, dan harus ada peraturan yang dibuat secara jelas," kata pelatih Madrid, Zinedine Zidane seperti dilansir Marca.

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) menerapkan teknologi baru ini untuk membuat jalannya pertandingan lebih lancar. Setidaknya, keputusan keliru wasit bisa direvisi.

Kata Guardiola Usai Manchester City Disingkirkan Real Madrid

Tetapi, tidak semua bayangan FIFA tersebut bisa diaplikasikan dengan baik. Buktinya, ketika Madrid membobol gawang Club America di semifinal Piala Dunia Klub 2016, melalui Cristiano Ronaldo sempat menimbulkan kebingungan.

Pemain asal Portugal tersebut dianggap terjebak offside, ketika menerima umpan terobosan. Namun, tidak selang berapa lama, dia mengubah keputusan dan langsung menunjuk titik tengah lapangan, tanda gol Ronaldo sah.

Drama Adu Penalti, Ini 5 Fakta Real Madrid Pulangkan Manchester City di Liga Champions

Terkait dengan kontroversi ini, Zidane berharap, FIFA mau melakukan improvisasi lagi. Karena, jika dipaksa penerapannya hanya akan membuat kebingungan di setiap pertandingan.

"Masalahnya, adalah kita harus beradaptasi dengan apa yang FIFA inginkan. Teknologi harus melakukan improvisasi dengan semua hal itu," kata pria asal Prancis tersebut. (asp)

Perempatfinal Liga Champions, Real Madrid vs Chelsea

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Liga Champions, turnamen sepakbola paling bergengsi di Eropa, menjadi mimpinya para klub elite

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024