Chelsea Kokoh di Puncak dengan Mengalahkan West Ham

Diego Costa mencetak gol ke gawang West Ham
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Chelsea kembali kokoh di puncak klasemen sementara, dengan keunggulan 10 poin dari rival terdekatnya, setelah mengalahkan West Ham 2-1 di London Stadium, Selasa pagi 7 Maret 2017. Dua gol dicetak Eden Hazard dan Diego Costa, dengan satu gol balasan dibuat Manuel Lanzini.

Harry Maguire Setuju Liga Inggris Hapuskan VAR

Bermain di kandang lawan, pasukan Antonio Conte berusaha melakukan serangan cepat di menit pertama. Setelah kick-off, bola diberikan pada David Luiz, yang langsuung mengopernya jauh ke wilayah pertahanan West Ham, tapi tidak bisa dikejar oleh Pedro.

Hingga lima menit waktu berjalan, Chelsea setidaknya sudah dua kali menginisiasi serangan, tapi belum dapat memberi ancaman serius. West Ham membalas dengan serangan balik di menit keenam, dengan umpan silang yang dilepaskan Sofiane Feghouli bagi Andy Carroll.

Sofyan Amrabat Senang dengan Performanya Bersama Man Utd

Sayang, masih bisa dimentahkan oleh Victor Moses. Terjadi benturan kepala, dengan darah tampak keluar dari hidung Carroll. Striker Inggris, itu bisa kembali berdiri dan bermain, setelah mendapat perawatan.

Beberapa kali serangan-serangan dari sayap dilakukan tuan rumah, memicu seruan keras dari para suporter the Hammers. Namun, taktik pasukan Slaven Bilic mengirimkan umpan-umpan ke kotak pertahanan Chelsea, belum bisa membuka peluang cukup bagus, hingga 17 menit laga berjalan.

Musim yang Mengecewakan bagi Manchester United

Jose Fonte yang sempat dikaitkan dengan Manchester United, sebelum dibeli West Ham dari Southampton pada Januari, membuktikan ketangguhannya di menit 20. Kapten timnas Portugal, itu dengan tenang memotong umpan Cesc Fabregas bagi Diego Costa di wilayah pertahanannya.

Gawang Darren Randolph akhirnya bobol di menit 25. Ketenangan West Ham dalam melakukan beberapa variasi serangan, dibalas Chelsea dengan serangan balik mematikan. N'Golo Kante merebut bola dari Mark Noble, lalu dengan cepat mengirimnya pada Eden Hazard.

Gelandang Belgia, itu bermain satu-dua dengan Pedro Rodriguez, sebelum mencetak gol pertama bagi timnya untuk unggul 1-0. Lima menit kemudian Chelsea hampir menambah keunggulan, tapi operan Costa pada Marcos Alonso bisa digagalkan oleh Feghouli.

Gol Chelsea tampak telah berdampak pada West Ham, tuan rumah seperti kehilangan ketenangan, yang bisa mereka tunjukkan di awal pertandingan. Dukungan suporter juga seperti menghilang, dengan menurunnya suara dari tribun suporter West Ham.

West Ham harus berterima kasih pada kiper mereka, dengan penyelamatan bagus di menit 41, dalam situasi kemelut di depan gawangnya. Hazard merangsek dari kanan, melepas umpan silang pada Costa. Striker Spanyol, itu tidak bisa melepas tembakan dengan baik.

Namun, gawang West Ham terancam dengan upaya berikutnya dari Moses, dan bisa diblok Aaron Creswell. Pedro coba memanfaatkan kesempatan, dan bisa digagalkan dengan pintar oleh Randolph. Tidak ada tambahan gol hingga babak pertama berakhir.

Chelsea menambah gol di babak kedua. Kesalahan Carroll dan Pedro Obiang berakhir buruk bagi West Ham di menit 50. Keduanya saling menghalangi di dekat tiang gawang, saat sepak pojok dilakukan oleh Chelsea.

Bola berbelok ke arah Costa, yang hanya tinggal menyentuhnya untuk jadi gol kedua Chelsea. Unggul 2-0 membuat para pemain Chelsea, semakin terlihat leluasa melakukan serangan.

Alonso seperti berdansa saat menerobos dua bek West Ham di menit 52, tapi tendangannya melebar dari gawang. Di menit 68, Randolph kembali dipaksa melakukan penyelamatan gemilang, untuk menggagalkan tendangan Costa ke pojok bawah gawang.

Kesempatan kembali didapat Chelsea, tapi gagal jadi gol pada menit 82, dengan kerja sama Costa, Alonso, Azpilicueta, dan Willian. Andre Ayew yang masuk menggantikan Feghouli di menit 64, akhirnya bisa menciptakan peluang bagi West Ham pada menit 89.

Namun, umpan silang yang ditujukan pada Carroll, dapat dimentahkan lebih dulu oleh Azpilicueta. Baru di menit 92 Manuel Lanzini mencetak gol balasan, dengan aksi kerja sama cantik tiga pemain, untuk menaklukkan Thibaut Courtois.

Carroll memenangkan bola dari Fabregas, memberikannya pada Ayew, yang kemudian memberikan assist bagi Lanzini. Skor bertahan hingga pertandingan usai, West Ham harus mengakui kekalahan 1-2 dari tamunya.

Susunan pemain:

West Ham: Darren Randolph, Cheikhou Kouyate, Jose Fonte, Winston Reid (Sam Byram 64), Aaron Cresswell, Mark Noble (Edimilson Fernandes 77), Pedro Obiang, Sofiane Feghouli (Andre Ayew Pele 64), Robert Snodgrass, Manuel Lanzini, Andy Carroll.

Chelsea: Thibaut Courtois, Cesar Azpilicueta, David Luiz, Gary Cahill, Victor Moses (Kurt Zouma 76), Cech Fabregas, N'Golo Kante, Marcos Alonso, Pedro Rodriguez (Nemanja Matic 65), Diego Costa, Eden Hazard (Willian 75).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya