Persib Tekuk PSM, Persaingan Papan Atas Memanas

Laga Liga 1, Persib Bandung vs PSM Makassar.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Madura United, Persipura Jayapura, dan Bhayangkara FC patut berterima kasih kepada Persib Bandung. Menang 2-1 atas PSM Makassar, Persib memperbaiki posisi sekaligus bantu jaga jarak para petarung di papan atas Liga 1 2017.

Komentar Bojan Hodak Usai Bawa Persib Bandung Juara Liga 1

Menjamu PSM pada laga ke-12 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu, 5 Juli 2017, Persib sesungguhnya bikin Bobotoh ketar-ketir. Maklum, tren skuat besutan Djadjang Nurdjaman tengah menurun. Di laga terakhir sebelum jeda Lebaran, mereka takluk 0-1 dari Barito Putera.

Kekalahan di markas Barito Putera adalah pil pahit ketiga yang ditelan Persib sejak mengawali Liga 1 2017. Sebelumnya, Pangeran Biru tumbang 0-1 ketika menyambangi markas Bali United dan 0-2 di hadapan tuan rumah Bhayangkara FC. Mereka  pun sempat terdampar di papan bawah klasemen. 

Bobotoh Berpesta Sambut Sukses Persib Bandung Juara Liga 1

Bobotoh gerah, Djadjang tersudut. Ia mengajukan pengunduran diri, namun manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) menolak. Djadjang melanjutkan kerja dan berbenah. Menang susah payah 1-0 atas Persiba Balikpapan pada laga ke-10 di GBLA, skuatnya kembali tak berdaya di laga berikutnya.

Situasi tak kondusif itu yang membuat Djadjang bersama Atep Rizal dll tertekan menghadapi PSM. Apalagi, Juku Eja adalah penguasa persaingan di jalur pacu juara dan datang dengan skuad terbaik. Meski tampil di kandang sendiri, Maung Bandung justru dikhawatirkan bakal kepayahan.

Terpopuler: Persib Bandung Juara Liga 1, Kabar Baik dari Elkan Baggott

Faktanya, kekhawatiran itu dijawab Djadjang dengan hasil positif. Ia pertegas ketangguhan Persib di GBLA. PSM ditampar 2-1 setelah gol Shohei Matsunaga di menit 39 dan Atep Rizal (55’) hanya bisa dibalas 1 gol Willem Jan Pluim (72’). Persib pun naik ke urutan 10 dengan raihan 19 poin.

Kemenangan Persib berkah buat Madura United, Persipura, dan Bhayangkara FC. Itu karena Persib menggagalkan upaya Juku Eja merenggangkan jarak dengan ketiganya. Kini, Madura United dan Persipura tetap terpaut 1 angka dari PSM, Bhayangkara FC di urutan 4 terpisah dua angka.
             
Statistik Laga

Persib Bandung 2-1 PSM Makassar
Waktu: Rabu, 5 Juli 2017
Tempat: Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung
Skor babak I: 1-0
Skor akhir: 2-1
Pencetak gol Persib Bandung: Shohei Matsunaga (39), Atep Rizal (55)
Pencetak gol PSM Makassar: Willem Jan Pluim (72)

Kartu kuning:
Persib Bandung:
Vladimir Vujovic (15), Tony Sucipto (24), Tantan (80), Dedi Kusnandar (83)
PSM Makassar: Steven Paulle (26), Zulkifli Syukur (67)

Total tembakan: Persib Bandung 10-11 PSM Makassar
Tembakan ke gawang: Persib Bandung 5-3 PSM Makassar

Susunan pemain:
Persib Bandung:
I Made Wirawan - Tony Sucipto, Vladimir Vujovic, Achmad Jufriyanto, Supardi Nasir, Dedi Kusnandar, Kim Jeffrey Kurniawan, Atep Rizal (Raphael Maitimo 75), Michael Essien (Hariono 90), Tantan, Shohei Matsunaga
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

PSM Makassar: Syaiful, Zulkifli Syukur - Fathlul Rahman (Ardan Aras 86), Steven Paulle, Hamka Hamzah, M Arfan, Marc Klok, Willem Jan Pluim, M Rahmat (Gozali Siregar 57), Reinaldo Elias da Costa, Ferdinand Sinaga (Rizky Pellu 74)
Pelatih: Robert Rene Alberts


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya