Terungkap, Penalti Jenius Ronaldo ke Gawang PSG

Real Madrid Bungkam PSG 3-1
Sumber :
  • REUTERS/Paul Hanna

VIVA – Aksi jenius dilakukan Cristiano Ronaldo saat membawa Real Madrid menang 3-1 atas Paris Saint Germain di Liga Champions, Kamis dini hari, 15 Februari 2018.

Drama Adu Penalti, Ini 5 Fakta Real Madrid Pulangkan Manchester City di Liga Champions

Ronaldo mencetak dua dari tiga gol kemenangan El Real saat mengalahkan PSG di leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Santiago Bernabeu.

Dan yang menjadi sorotan adalah gol pertama Ronaldo, yang tercipta dari titik putih di penghujung babak pertama. Dia melakukan eksekusi dengan cara 'ilegal'.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs Real Madrid di Liga Champions

Dari video gerak lambat yang dilansir Dailymail, Ronaldo 'mengangkat' bola lebih dulu dengan kaki kiri sebelum menendang keras dengan kaki kanan.

Kaki kirinya menginjak rumput yang sangat dekat dengan bola, sehingga menggerakkan rumput dan mengangkat bola yang langsung disambar kaki kanan Ronaldo.

Prediksi Liga Champions: Manchester City vs Real Madrid

Bola pun meluncur deras ke kiri gawang PSG. Meski arah bola mampu 'dibaca' kiper PSG, Alphonse Areola. Tapi Areola telat menepis bola yang melesat lebih cepat.

Real Madrid Bungkam PSG 3-1

Mantan rekan setim Ronaldo di Manchester United, Rio Ferdinand, membantah anggapan itu sesuatu yang tidak sengaja. Sebab Ronaldo memang sering melatih teknik itu.

"Anda tahu, dia (Ronaldo) biasa melakukan itu dalam latihan. Dia sering beruji coba dalam latihan dan melakukannya," kata Ferdinand dilansir BT Sport.

"Apakah dia sengaja melakukannya di laga itu, saya tidak bisa mengatakan pasti. Tapi memang dia biasa melakukan itu saat latihan," lanjut Ferdinand.

Mengacu aturan sepakbola, penalti Ronaldo seharusnya diulang. Sebab sudah diatur bahwa eksekusi harus diulang jika wasit melihat bola bergerak sebelum ditendang.

"Tapi Anda tidak bisa menyalahkan wasit karena tidak melihat hal itu. Sebab itu nyaris mustahil bisa dilihat langsung," kata eks wasit Premier League, Graham Poll.

"Tapi dari tayangan ulang gerak lambat, kita baru bisa melihat bola terangkat oleh kaki kiri Ronaldo, sebelum dia menendang dengan kaki kanan," lanjutnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya