Curhat Sayap Timnas Indonesia Ikut Ujian Nasional

Bintang Tim Nasional Indonesia U-22 Sadil Ramdani mengikuti UNBK
Sumber :
  • Lucky Aditya (Malang)/VIVA.co.id

VIVA –  Bintang Tim Nasional Indonesia U-22, Sadil Ramdani, sedang menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK. Sadil adalah siswa SMA Negeri 7 Kota Malang. Di hari pertama UNBK, siswa SMA seluruh Indonesia mengerjakan ujian Bahasa Indonesia.

Kebelet Pipis, Kiper Ini Kencing di Atas Lapangan

"Persiapan UNBK saya pribadi belum tahu pasti. Kata guru saya disuruh membaca saja materi Bahasa Indonesia siapa tahu masuk di pikiran yang penting saya harus siap," kata Sadil, Senin, 9 April 2018.

Pemain yang kini memperkuat Persela Lamongan itu sempat kesulitan membagi waktu antara latihan dan belajar di sekolah. Selama menempuh pendidikan menengah, Sadil sering izin meninggalkan mata pelajaran demi membela Persela maupun Timnas Indonesia.

Lionel Messi Beli Rumah, Alasannya Bikin Bengong

"Kesulitannya antara membagi waktu latihan dan belajar. Kalau ada laga penting di Persela sama ujian sekolah saat ini jadinya bimbang, pusing. Mana laga yang saya hadapi penting, sekolah saya juga penting," ucap Sadil.

Sadil mengatakan dengan status sebagai pelajar, dia melewatkan dua laga penting Persela, pertama saat kontra tuan rumah Persipura Jayapura, 24 Maret 2018. Dan laga kontra tuan rumah PSM Makassar, tiga hari yang lalu.

Bruno Fernandes Tuai Hujatan karena Aktingnya yang Gagal

"Biar bagaimana pun pendidikan penting. Ada dua laga lawan Persipura sama PSM saya lewatkan. Allhamdulilah teman-teman memberikan hasil terbaik, saya sangat support teman-teman," ujar Sadil.

Skuat Timnas Indonesia U-23

Sebelum mengikuti UNBK, Sadil terlebih dulu mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau USBN. Dari 13 mata pelajaran yang diujikan, Sadil baru mengikuti empat mata pelajaran. Pihak sekolah memberi dispensasi waktu bagi Sadil untuk ikut USBN hingga 27 April 2018.

"Kemarin (pekan lalu) dua hari sempat ujian USBN, baru ikut empat kali, kurang sembilan mata pelajaran. Sama guru dikasih waktu ujian setelah UNBK, mulai 23 sampai 27 April," kata Sadil.

Sadil begitu santai sebelum memasuki ruangan ujian. Ia menggunakan seragam putih abu-abu dengan rapi. Sebelum memasuki ruangan, Sadil sempat menyapa beberapa teman sekolah. Selain itu, ia juga belajar dengan membaca buku materi Bahasa Indonesia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya