Alunan Merdu Sendok Rusia Geser Vuvuzela di Piala Dunia

Deretan lozhkas yang akan menghangatkan gelaran Piala Dunia 2018
Sumber :
  • Reuters/Tatyana Makeyeva

VIVA – Kerasnya suara vuvuzela tak akan terdengar lagi di Piala Dunia 2018. Pada gelaran Piala Dunia kali ini, alunan merdu dari alat musik berupa sendok akan menjadi pemanis dalam setiap pertandingan.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Lozhkas adalah alat musik yang akan diperkenalkan dan digunakan oleh suporter dalam mendukung tim kesayangan mereka berlaga di Rusia. Lozhkas, dalam bahasa Rusia, berarti sendok.

Memang, alat musik ini sekilas berbentuk sendok. Namun, sendok ini bisa menghasilkan ritme dan nada yang menenangkan dan enak didengar.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Pemerintah Rusia pun sudah memproduksi massal lozhkas. Mereka juga mempercantik lozhkas dengan berbagai corak yang menarik.

Lozhkas Rusia saat memasuki tahap penyelesaian dalam proses produksi

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

"Ketika kami memiliki instrumen yang sangat identil dengan orang Rusia, mencerminkan kepribadian, kultur, akhirnya diputuskan untuk memakai trehchotka, shaker, dan lozhkas," kata desainer resmi lozkhas yang ditunjuk pemerintah Rusia, Rustam Nogmanov, dilansir Reuters.

Vuvuzela kemungkinan sudah tak ditemukan lagi di stadion. Namun, banyak dari suporter Brasil yang akan menggunakan caxirola sebagai instrumen perkusi yang cukup bising demi mendukung negara mereka.

"Suara caxirola seperti sarang lebah dan merupakan instrumen yang begitu keras bunyinya. Caxirola juga tak beri kesempatan untuk bertepuk tangan. Makanya, kami pilih sendok," terang Nugmanov. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya