Aksi Santun Fans Jepang, Bersih-bersih Stadion Piala Dunia

Suporter Jepang
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Masalah kebersihan di dalam stadion Piala Dunia 2018 umumnya jadi tanggung jawab dari cleaning service atau volunteer. Tapi, ternyata kinerja mereka dibantu oleh aksi dari fans Jepang.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Ya, selama di Piala Dunia 2018, fans Jepang bertindak begitu santun. Tak cuma menjaga keamanan dan kenyamanan saat menonton, fans Jepang juga membantu kerja cleaning service dan volunteer dalam membersihkan stadion.

Dalam video yang beredar di media sosial, fans Jepang begitu cekatan saat membersihkan tribun usai mereka menonton. Aksi ini pun ditiru oleh fans Senegal.

Timnas Indonesia U-23 Tantang Jepang atau Korsel di Perempat Final? Bakal Terjawab Malam Ini

"Ini bukan cuma masalah kultur sepakbola, tapi juga Jepang. Anda pasti sering mendengar, sepakbola adalah refleksi dari sebuah kultur. Aspek penting dari kehidupan sosial Jepang adalah memastikan semuanya bersih," kata jurnalis sepakbola Jepang, Scott McIntyre, dilansir BBC.

Nasib Tragis 3 Tim Penakluk Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Aksi bersih-bersih stadion sebenarnya bukan barang langka di Jepang. Usai menonton pertandingan J-League, suporter selalu bersih-bersih stadion. Mereka tak ingin ada sampah yang berserakan di sekitar tribun atau tempat lainnya.

Pun di Piala Dunia 2014, Brasil, mereka juga sempat melakukannya. Yang berbeda, di Piala Dunia kali ini, banyak suporter yang meniru tingkah laku para pendukung Shinji Kagawa cs.

"Bersih-bersih stadion usai laga adalah kelakuan mendasar yang sudah diajarkan di sekolah. Ajaran untuk membersihkan ruangan kelas dan lorong, berimbas ke lainnya," terang Profesor Sosiologi Universitas Osaka, Scott North. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya