Bencana Marketing Madrid Usai Ronaldo Hengkang

Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Dampak buruk bagi Real Madrid melepas Cristiano Ronaldo adalah kehilangan mesin marketing. Ronaldo merupakan pemain bola paling populer, terbukti dari akun media sosialnya memiliki lebih banyak pengikut dibandingkan Lionel Messi dan Neymar.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Menurut Marca, Ronaldo mendatangkan lebih dari 400 juta euro (Rp6,7 triliun) dari sponsor. Dari situ Madrid mendapatkan keuntungan 250 juta euro (Rp4,2 triliun) tiap musim.

Tidak ada pemain Madrid lain yang bisa mendatangkan keuntungan sebesar ini. Dengan kepergian Ronaldo, Madrid berpotensi kehilangan penghasilan sebesar itu. Artinya, Madrid bakal kepayahan menghasilkan pundi-pundi uang dari pemain lain tanpa Ronaldo.

Inter Milan Pastikan Scudetto Bintang Kedua, Ini 7 Tim Tersukses di Serie A

Di sisi lain, kedatangan Ronaldo ke Juventus langsung mendongkrak penjualan jersey dan merchandise klub kota Turin itu. Nilai saham Juventus di pasar modal juga langsung meroket.

Juventus juga kebanjiran follower baru di akun media sosialnya. Akun instagram Juventus, per 15 Juli 2015 bertambah 1,1 juta follower terhitung sejak rumor kedatangan Ronaldo. (one)

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich
Pemain Real Madrid, Jude Bellingham

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

Jude Bellingham diyakini bakal menjadi legenda Real Madrid. Yang mengatakan itu adalah Raul Gonzales, pemain yang juga melegenda di klub berjuluk Los Blancos tersebut.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024