Hati-hati, Menyundul Bola Ternyata Berbahaya

Sundulan pemain Arsenal, Daniel Welbeck.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Menyundul bola demi terciptanya gol menjadi andalan tim dengan skuat yang tinggi badan pemainnya mempuni. Namun tahukah Anda jika menyundul bola itu membahayakan?

Sukses Digelar, Ribuan Anak Semarakkan MILO National Championship 2023

Hal ini diungkapkan oleh salah satu dokter ahli, Dr. Bennet Omalu. Dilansir Independent, Omalu bahkan menyarankan jika hal ini tidak lagi dilakukan oleh pesepakbola di level profesional. 

Tingkat makin berbahaya menurutnya dimulai dari level anak-anak. Khususnya di umur 12 hingga 14 tahun. 

Tahan Barcelona 2-2, Aksi Pemain U-12 Indonesia Curi Perhatian di Spanyol

"Tidak dibenarkan jika Anda mengontrol sebuah objek seperti bola yang kecepatannya tinggi dengan kepala. Saya yakin, nantinya menyundul bola akan dilarang, itu berbahaya," kata Omalu. 

"Bahkan untuk anak-anak khususnya di umur 12 hingga 14 tahun, seharusnya tidak boleh kontak fisik secara serius dalam sepakbola. Mereka bisa bermain, tetapi tidak boleh menyundul bola. Memang sains sering berubah, dan tugas kami untuk menemukan solusinya," lanjut dia. 

KBPP Polri International Cup Resmi 2022 Ditutup, Bhayangkara Youth FA Juara Kelompok U-14

Salah satu pesepakbola yang mengalami masalah di kepala selama kariernya adalah pemain West Bromwich Albion, Jeff Astle. Dia meninggal dunia pada tahun 2004 lalu karena mengalami trauma otak. 

Ilustrasi sepakbola anak.

5 Manfaat Bermain Sepakbola untuk Anak, Melatih Fisik Hingga Keterampilan Sosial

Ada banyak manfaat bermain sepakbola bagi anak-anak, baik secara fisik maupun sosial. Berikut ini lima dari banyaknya manfaat sepakbola untuk anak.

img_title
VIVA.co.id
25 Juli 2023