Mau Jago Tendangan Bebas Seperti Messi, Ini Rahasianya

Philippe Coutinho dan Lionel Messi merayakan gol Barcelona
Sumber :
  • Twitter/@FCBarcelona

VIVA – Hampir semua kiper pasti pusing saat harus menghadapi situasi bola mati di mana bintang Barcelona, Lionel Messi, yang jadi algojonya. Sebab, mereka semua tahu seperti apa kualitas Messi dalam mengeksekusi sepakan bebas, khususnya dari jarak dekat.

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Messi punya catatan mengerikan dalam urusan eksekusi sepakan bebas. Sejak musim 2008/09, La Pulga sudah dipercaya menjadi eksekutor sepakan bebas.

Jumlah golnya dari sepakan bebas pun terbilang bagus, dari musim ke musim. Total, 32 gol dari sepakan bebas langsung dicetaknya dalam 407 percobaan.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Dan, dalam dua musim terakhir, catatan gol Messi dalam tendangan bebas makin mengerikan. Itu terpengaruh atas beberapa faktor, mulai dari penggunaan spray wasit, hingga yang paling penting adalah perubahan teknik sepakan bebas.

Nah, seperti apa teknik yang dipakai Messi sekarang? Mari kita mengulasnya, seperti dilansir Marca.

Defisit 3 Gol, Liverpool Ingin Bikin Keajaiban Comeback di Markas Atalanta

Ada perubahan cara latihan menendang yang dipakai Messi. Paling kentara adalah tumpuan kaki yang dulu mencapai sudut kemiringan 50 derajat. Lewat sudut inilah, hantaman kaki Messi ke bola lebih tak stabil dan kurang kontrol.

Kini, Messi menanamkan seluruh kakinya terlebih dulu ke tanah, sebelum menghantam bola. Bobot tubuh dan keseimbangan La Pulga lebih stabil dengan posisi ini.

Demi menajamkan akurasi sepakan, Messi juga mengubah sudut kemiringan tubuhnya. Dia melengkungkan tubuhnya, terutama bahu dan dada, saat menendang bola.

Juga, goyangan pinggulnya lebih eksplosif dan membuat tenaga sepakannya meningkat drastis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya