Wadah Baru Pembinaan Futsal Usia Muda Indonesia

Jumpa pers kompetisi futsal usia muda, Raftel Algaseries Championship 2019.
Sumber :
  • VIVA / Pratama Yudha

VIVA – Sebagai salah satu olahraga yang populer di Indonesia, cukup banyak kompetisi futsal yang bergulir di Tanah Air. Kali ini, muncul sebuah kompetisi yang cukup menarik perhatian.

Mengaku Dibisiki Setan, Pelatih Futsal di Palembang Sodomi 2 Muridnya

Bagaimana tidak, kompetisi bertajuk Raftel Algaseries Championship 2019 ini memfokuskan pada level usia muda. Mulai dari kelompok umur U-10, U-12, U-14, dan U-16.

Tujuannya jelas, untuk mencari bibit-bibit pemain muda yang bakal diorbitkan untuk membela Tim Nasional Indonesia. Sebab, saat ini pemain muda futsal masih terbilang kurang lantaran jarangnya kompetisi futsal usia muda yang berkelanjutan.

Modus Pelatih Futsal di Bogor Cabuli Siswa, Dijanjikan Masuk Tim Inti

Tak tanggung-tanggung, RASC-Futsal 2019 ini bakal menggelar kompetisi mulai dari tingkat kabupaten/kota, lalu naik ke tingkat provinsi, dan final di tingkat nasional. 

Ditargetkan, sebanyak 2.000 tim dan 40 ribu peserta dari Jawa dan Bali bakal mengikuti kompetisi yang rencananya digelar mulai Juli-Desember 2019 mendatang.

Pelatih Futsal di Bogor Pernah Jadi Korban Seksual Sesama Jenis

"Kompetisi ini kami buat untuk masa depan futsal Indonesia yang harus lebih baik," ujar CEO Raftel Group, Lucky Afrinaldi saat sesi jumpa pers di kawasan Tebet, Jakarta, Senin 20 Mei 2019. 

"Kami memperhatikan pembinaan atlet dari usia dini agar ada regenerasi atlet terus berjalan," lanjutnya.

Kendati diperuntukkan sebagai jangka panjang, namun kompetisi ini belum bersinergi dengan Federasi Futsal Indonesia. Koordinator Kompetisi RASC-Futsal 2019, Ridjaldi mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat baru akan segera berkoordinasi dengan FFI.

"Kita dalam tahapan akan berkomunikasi agar bisa menjadi kegiatan yang rutin dari FFI. Kami masih dalam tahapan itu dan dalam waktu dekat akan bertemu lalu berkomunikasi dengan mereka," kata Ridjaldi.

Raftel Group yang sebelumnya fokus di kompetisi E-Sports mencoba untuk menggelar kompetisi olahraga fisik. Kompetisi futsal ini merupakan langkah awal untuk melebarkan sayap ke kompetisi olahraga di dunia nyata dan tak menutup kemungkinan ke depannya akan lebih banyak lagi cabang olahraga lainnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya