Kisah Seorang Dokter Temukan Bakat Bomber Liverpool Saat Jualan Kelapa

Penyerang Liverpool, Roberto Firmino
Sumber :
  • Instagram/@roberto_firmino

VIVA – Selalu ada kisah masa lalu seorang megabintang lapangan hijau yang menarik untuk diketahui. Salah satunya adalah cerita miris kehidupan Roberto Firmino, jauh sebelum jadi andalan lini depan raksasa Inggris, Liverpool.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Diboyong Liverpool dari Hoffenheim awal musim 2015/2016, Firmino merupakan salah satu andalan Juergen Klopp di lini depan armada Merseyside Merah. Bintang berusia 27 tahun ini punya peran penting saat Liverpool mengklaim gelar juara Liga Champions musim ini.

Tapi siapa sangka, Firmino ternyata punya cerita masa lalu yang cukup miris. Menurut data yang dikutip Mirror, sebelum menjadi pemain sepakbola profesional Firmino hanyalah seorang penjual kelapa. Ya, Firmino berjualan kelapa di sekitar kota Maceio, Alagoas, Brasil, untuk menyambung hidupnya.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Dewi Fortuna akhirnya datang menghampiri Firmino sekitar tahun 2006. Usia Firmino baru 15 tahun kala itu, saat seorang dokter gigi bernama Marcellus Portella melihat bakat luar biasa yang dimilikinya. Portella cukup heran mengapa tak ada satupun klub Brasil yang mau mererkrutnya.

"Saat saya melihatnya bermain untuk pertama kalinya, saya merasa bahwa dia adalah seorang pemain yang sangat bertalenta. Tapi, tidak ada seorang pun yang tertarik kepadanya. Saat saya berkata, suatu hari nanti dia akan menjadi pemain Timnas Brasil, mereka mengatakan saya gila," ujar Portella.

Buang Kutukan 0 Trofi, Harry Kane Harus Bawa Bayern Munich Juara Liga Champions

Portella akhirnya membawa Firmino kecil ke klub junior Brasil, Figueirense. Bersama tim junior Figuirense Firmino bermain mulai 2008 sebelum akhirnya masuk dalam skuat senior pada 2009. Setelah dua musim membela Figuirense, Firmino pun dilirik klub Bundesliga, Hoffenheim, awal musim 2010/2011.

Lima musim membela Hoffenheim, aksi Firmino kemudian membuat Liverpool kepincut. The Reds kemudian meminangnya dengan mahar sebesar 29 juta Poundsterling (Rp519,5 miliar). Empat musim berada di Anfield, Firmino harus cukup bersabar. Sebab, ia sempat gagal mengantar Liverpool juara. Padahal, Firmino ikut mengantar Liverpool menembus dua final di ajang Piala Liga Inggris 2015/2016 dan Liga Champions 2017/2018.

Kesabaran Firmino akhirnya terbayar. Liverpool berhasil menjadi juara Liga Champions musim ini, setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 dalam partai puncak yang digelar di Wanda Metropolitano, Madrid, 1 Juni 2019 lalu. Hingga saat ini, Firmino sudah mencetak 66 gol dalam 191 penampilannya bersama Liverpool di semua ajang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya