Sosok Nyentrik di Balik Klub Bumi Datar FC

Presiden klub Flat Earth (Bumi Datar) FC, Javi Poves.
Sumber :
  • Porém.net

VIVA – Klub kasta empat di Liga Spanyol, Mostoles Balompie, bikin heboh. Sebab, klub tersebut berganti nama menjadi Flat Earth (Bumi Datar) FC. 

Pulang ke Spanyol Usai Juara di J League

Pergantian nama ini didedikasikan untuk para pengikut keyakinan bahwa Bumi itu datar. Tidak hanya itu, keyakinan ini juga ternyata dianut Presiden klub, Javi Poves.

"Ada motif ekonomi besar yang ingin diyakinkan banyak orang kepada kita bahwa Bumi itu bulat," kata Poves dilansir Newsweek, Rabu 3 Juli 2019.

Kabar Buruk Lagi dari Barcelona, Bikin Semakin Gigit Jari

"Jika memang Bumi bulat, mengapa begitu banyak orang takut (dengan keyakinan sebagian orang yang menyebut Bumi itu datar)?" lanjutnya.

Dia pun menolak anggapan umum bahwa Bumi berputar pada porosnya. "Saya tidak pernah merasakan Bumi bergerak," tutur Javi Poves.

Xavi Minta Perpanjang Kontrak Pemain yang Mencintai Barcelona Ini

Ilustrasi bumi datar atau flat earth.

Presiden klub yang baru berusia 32 tahun itu memang sosok yang sangat nyentrik. Bahkan sejak dia masih berkarier sebagai pemain profesional.

Poves memulai karier di akademi Atletico Madrid dan pernah membela sejumlah klub Spanyol. Seperti Sporting Gijon dan SS Reyes.

Dikutip dari La Infomacion, dia pernah menolak menggunakan rekening bank dan mengembalikan mobil gratis yang diberikan klub kepada setiap pemain.

Pada Agustus 2011, dia memilih pensiun dini karena alasan hati nurani. Menurutnya, dunia sepakbola saat ini sangat materialistis dan penuh korupsi.

“Apa yang saya lihat dari dalam menegaskan bahwa: sepakbola profesional hanya tentang uang dan korupsi. Ini tentang kapitalisme, dan kapitalisme adalah kematian," ujarnya.

"Saya tidak ingin menjadi bagian dari sistem yang didasarkan pada orang-orang yang menghasilkan uang dengan mengorbankan orang lain. Sederhananya, hati nurani saya tidak akan membiarkan saya melanjutkan ini,” katanya.

Namun, pada 2014, dia kembali melanjutkan kariernya dengan bergabung ke SS Reyes. Dua tahun berselang, dia pindah ke Mostoles Balompie (Flat Earth), klub di mana dia kini menjadi presidennya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya