Cerita Timnas Belanda Tanpa Pemain Bernama 'Van'

Skuat Timnas Belanda kontra Prancis di Piala Eropa 2000
Sumber :
  • The 42

VIVA – Selain warna kostum oranye dan gaya bermain Totaalvoetbal, Timnas Belanda punya ciri yang lain. Ya, beberapa nama pemainnya punya nama tengah "Van". Lantas, bagaimana ceritanya jika Belanda bermain tanpa ada satu pun pemain bernama itu dalam skuatnya?

Ragnar Oratmangoen Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia

Banyak pemain Belanda yang memiliki nama "Van". Sebut saja Virgil van Dijk, Giovanni van Bronckhorst, Mark van Bommel, Robin van Persie, Ruud van Nistelrooy, hingga Marco van Basten. Van dalam Bahasa Indonesia memiliki arti "anak dari" dan hanya dikhususkan untuk laki-laki.

Akan tetapi, ada juga sejumlah pemain papan atas yang berasal dari Belanda tak memiliki nama "Van". Sebut saja  Giorginio Wijnaldum, Daley Blind, Arjen Robben, Bas Doost, Patrick Kluivert, Dennis Bergkamp, dan Wesley Snijder.

5 Tim Nasional Sepak Bola Terbaik di Asia Tenggara, Indonesia Peringkat Berapa?

Menurut data yang dikutip The Telegraph dan Uefa.com, sebuah momen tercipta di Piala Eropa 2000 Belanda-Belgia, saat Belanda berhadapan dengan Prancis di laga pamungkas Grup D. Dalam pertandingan yang digelar di Amsterdam ArenA, 21 Juni 2000, pelatih Belanda saat itu, Frank Rijkaard menurunkan starting line-up tanpa pemain dengan nama "Van".

Sempat dua kali tertinggal dari Prancis, Belanda akhirnya mampu mengunci kemenangan tipis 3-2. Dalam pertandingan itu, tiga gol Belanda dibuat Patrick Kluivert (menit 14), Frank de Boer (51’), dan Boudewijn Zenden (59’). Sedangkan gol Prancis dicetak Christoph Dugarry (8’) dan David Trezequet (31’).

Gegara Sakit Hati, Bintang Arsenal Ini Menolak Gabung Timnas Inggris

Akan tetapi, hasil yang berbeda diraih Belanda di Piala Dunia 1994. Enam tahun sebelum kemenangan atas Prancis, Belanda justru mengalami kekalahan saat bermain tanpa pemain bernama "Van". Belanda kalah 0-1 dari Belgia dalam matchday 2 Grup F di Citrus Bowl, Orlando, Amerika Serikat, 25 Juni 1994.

Pelatih Belanda saat itu, Dick Advocaat, juga menurunkan starting line-up tanpa pemain bernama "Van". Dalam laga itu juga, pemain bernama "Van" justru ada di kubu Belgia. Ya, pemain itu adalah Franky Van der Elst.

Yang terakhir, Belanda juga berhasil memetik kemenangan tanpa pemain bernama "Van" saat berhadapan dengan Chile di laga terakhir Grup B Piala Dunia 2014. Saat itu, Belanda berhasil mengalahkan Chile dengan skor akhir 2-0 di Arena de Sao Paulo, Brasil, 23 Juni 2014. 

Dalam pertandingan ini, nama “Van” justru ada di posisi pelatih. Ya, pelatih Belanda di Piala Dunia 2014 adalah Louis van Gaal. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya