Cuma yang Buta Bola Bilang Ronaldo Lebih Hebat dari Messi

Lionel Messi saat jabat tangan Cristiano Ronaldo di Ballon d'Or
Sumber :

VIVA – Siapa pemain terbaik antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah menjadi pertanyaan pecinta sepakbola dalam satu dekade ini. 

Rasmus Hojlund Lebih Pilih Legenda MU Dibanding Cristiano Ronaldo, Kenapa?

Publik terbelah menjadi dua, sebagian memilih Ronaldo, sebagian lainnya menjagokan Messi. 

Tapi, Legenda Timnas Belanda, Marco van Basten punya jawaban sendiri. Basten berhak menilai Ronaldo dan Messi. 

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Sebelum keduanya muncul, Basten lebih dulu menyihir dunia dengan magisnya di rumput hijau. 

Marco van Basten

Lionel Messi dan Sergio Busquets Bikin Gol, Inter Miami Amankan Puncak Klasemen

Pada medio 1980-an hingga akhir 1990-an, Basten adalah penyerang jaminan gol dan trofi. Ajax Amsterdam, AC Milan, dan Timnas Belanda dibuat sukses olehnya.

Dia mencatatkan 277 gol dari 373 penampilan di semua kompetisi, klub maupun Timnas. Bukan cuma itu bukti kehebatan Basten. Dia juga pernah tiga kali merengkuh Ballon d`Or dan satu gelar pemain terbaik FIFA. 

Baca Juga: Kutukan Tak Disadari Persija Jakarta di Laga Perdana Liga 1

Tapi, karier Basten tak berlangsung lama. Dia gantung sepatu ketika usianya 30 tahun. Biasanya, para pemain sepakbola berada di puncak kariernya dalam umur itu. Cedera harus memisahkannya dengan sepakbola.

Kembali ke pertanyaan siapa yang lebih hebat, Messi atau Ronaldo. Basten mengungkapkan pilihannya.

Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo

Basten mengakui kagum dengan Ronaldo, tapi ia menyatakan bahwa tidak ada yang dapat dibandingkan dengan Messi. "Cristiano Ronaldo adalah pemain hebat," kata Basten kepada Corriere della Sera.

"Tetapi mereka yang mengklaim bahwa Ronaldo lebih baik daripada Messi tidak mengerti apa-apa tentang sepakbola atau mengatakannya dengan itikad buruk," sambungnya.

Messi dan Ronaldo telah bersaing untuk mendapatkan penghargaan individu sejak 2008. Sejauh ini, Messi memimpin dengan raihan enam penghargaan Ballon d`Or. Sementara Ronaldo lima kali.

Kedua pemain juga telah memenangkan banyak trofi bersama klubnya. Tapi, dalam hal ini Ronaldo mengungguli Messi dengan raihan lima kali juara Liga Champions. Sedangkan Messi baru empat kali.

Megabintang Barcelona, Lionel Messi.

Di sisi lain, Messi tak seperti Ronaldo. Sejak awal sampai saat ini, pemain 32 tahun tersebut hanya memperkuat Barcelona. Sebaliknya Ronaldo, dia bermain untuk empat klub yang berbeda yakni Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid, dan saat ini bersama Juventus.

Dari segi gol, Messi telah mencetak 626 gol dan memberikan 261 assist dalam 716 penampilan di semua kompetisi. Ronaldo sejauh ini telah mencetak 626 gol dan memberikan 214 assist dalam 834 penampilan dalam kariernya.

Baca Juga: 

Kutukan Tak Disadari Persija Jakarta di Laga Perdana Liga 1

Liga 1 2020: Mencatat Janji Ketum PSSI dan Menagih Jika Diingkari

Calon Top Scorer Liga 1: Simic, David da Silva Hingga Titus Bonai

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya