5 Pemain Termuda Peraih Penghargaan Ballon d'Or

Ronaldo Luiz saat menjuarai Piala Dunia bersama Brasil
Sumber :
  • Sky Sports

VIVA – Ballon d'Or adalah sebuah penghargaan sepakbola tahunan. Penghargaan ini diberikan kepada pemain terbaik pada musim sebelumnya. 

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Penghargaan ini digagas oleh penulis majalah France Football, Gabriel Hanot. Ketika itu ia meminta rekan-rekannya untuk memilih pemain terbaik di Eropa pada tahun 1956. 

Saat itu hanya pemain dari Eropa yang bermain di klub-klub Eropa saja yang berhak dipilih. Lantas tahun 1995 peraturan diubah, sehingga membuat pemain non Eropa bisa meraih penghargaan tersebut. 

Bintang Manchester United Ini Jalani Debut Bersama Timnas Inggris

George Weah dari AC Milan menjadi pemain pertama yang meraih penghargaan Ballon d'Or setelah formatnya diubah. Ia meraih penghargaan pada 1995. 

Sedangkan pemain sepakbola pertama yang meraih penghargaan tersebut adalah Stanley Matthews. Ia adalah pemain dari Blackpool. 

Hasil Lengkap: Timnas Jerman Bekuk Prancis, Inter Miami Dibantai Tanpa Lionel Messi

Dari sekian banyak pemain yang menerima penghargaan tersebut, tentu usia mereka beragam. Namun Ronaldo Nazario da Lima adalah pemain yang sampai saat ini menjadi yang termuda meraih gelar itu. 

Berikut pemain termuda yang pernah meraih Ballon d'Or:

1. Ronaldo Luis Nazario de Lima (Brasil): Saat itu ia meraihnya pada usia 21 tahun 3 bulan dan 5 hari. Ronaldo mendapat Ballon d'Or pada tahun 1997.

2. Michael Owen (Inggris): Eks pemain Liverpool ini mendapatkan Ballon d'Or saat berusia 22 tahun 5 bulan dan 4 hari. Ia meraihnya di tahun 2001.

Michael Owen

3. Lionel Messi (Argentina): Pemain Barcelona ini mendapatkannya pada usia 22 tahun 7 bulan dan 7 hari. Messi meraihnya pada 2009.

4. George Best (Inggris): Ia meraihnya diusia 22 tahun 7 bulan dan 2 hari. Best meraihnya pada tahun 1968.

5. Oleg Blokhin (Swedia): Ia berusia 23 tahun 1 bulan dan 25 hari saat meraih Ballon d'Or tahun 1975.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya