Terbaru, 10 Klub Termahal di Dunia Saat Pandemi Corona

Selebrasi pemain Real Madrid.
Sumber :
  • www.instagram.com/garethbale11

VIVA – Raksasa Laliga, Real Madrid menjadi klub termahal saat pandemi virus Corona COVID-19. Data tersebut dikeluarkan oleh perusahan akuntan (KPMG).

5 Pemain Bintang Sepakbola Muslim Eropa yang Rajin Ibadah dan Hafal Al-Quran

Dalam studi yang disebut Football Club’s Valuation: The European Elite 2020, KMPG menilai bisnis 32 klub besar Eropa dan dua klub sejak lima bulan lalu.

Hasilnya, Real Madrid ada di peringkat pertama, mengungguli Manchester United, dan Barcelona. Dari data tersebut, Madrid memiliki nilai jual 3,596 miliar euro.

Cristiano Ronaldo Puji Perubahan Tubuh Mesut Oezil

KPMG menggunakan formula sendiri untuk menganalisis. Meskipun peringkat teratas klub relatif tidak berubah, ada beberapa perubahan penting. 

Pemain Manchester United merayakan gol ke gawang Derby County

Kronologi Robinho, Eks Real Madrid yang Dipenjara 9 Tahun atas Kasus Pemerkosaan

Barca melompati Bayern untuk kembali ke posisi ketiga sementara Liverpool naik dua peringkat ke posisi kelima dan PSG juga naik dua peringkat untuk masuk ke-10 besar untuk pertama kalinya pada peringkat kesembilan.

"Pandemi itu pasti akan mempengaruhi nilai-nilai klub, dampak langsungnya belum dapat diukur. Sementara kita telah menyaksikan penurunan harga saham klub sepakbola," kata Direktur Olahraga Global KPMG, Andrea Sartor, dikutip Inside World Football.

“Ada sedikit pemulihan baru-baru ini dengan harapan untuk memulai kembali musim saat ini di sebagian besar negara," sambungnya.

Menariknya, dalam studi ini, klub-klub Serie A tidak ada yang menempati posisi 10 besar. Raksasa Serie A Juventus hanya berada di peringkat ke-11. Sementara itu, Inter Milan di urutan ke-14, selanjutnya ada AS Roma, Napoli, AC Milan dan Lazio. Berikut 10 klub dengan nilai jual tertinggi berdasarkan penelitian KPMG

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya