Kontroversi Bela Uighur dan Dukung Erdogan, Adidas Putus dengan Oezil

Gelandang Arsenal, Mesut Oezil
Sumber :
  • Twitter/@MesutOzil1088

VIVA – Kabar tak sedap datang dari Mesut Oezil. Kontraknya dengan Adidas yang sudah terjalin lama harus berakhir. Padahal dia sudah disponsori sejak membela Real Madrid pada 2013.

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Gelandang Arsenal itu harus mencari sponsor pribadi yang baru. Dikutip dari Bild, alasan Adidas mengakhiri kerja sama dengan Oezil karena beberapa kontroversi terakhir.

(Baca juga: Sosok Berhijab di Balik Kedermawanan Mesut Oezil)

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Oezil sempat jadi sasaran kritik masyarakat Jerman pada 2018. Sebabnya, dia mengungah foto bersama Presiden Turki, Recep Tayyep Erdogan.

Padahal ketika itu hubungan diplomatik kedua negara tidak baik. Ditambah lagi ketika melangsungkan pernikahan dengan Miss Turki 2014, Amine Gulse, yang dipilih sebagai pendampingnya adalah Erdogan.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Kontroversi yang dibuat Oezil kembali muncul beberapa waktu lalu. Lewat media sosial pribadinya, diunggah kecaman terkait perlakuan tidak adil yang diterima oleh muslim Uighur di China.

Pemerintah dan masyarakat China bereaksi atas sikap Oezil tersebut. Menurut mereka, pemain Timnas Jerman itu tidak tahu keadaan aslinya, dan telah menyesatkan publik.

(Baca juga: Mantan Manajer Arsenal Bongkar Borok Mesut Oezil)

Ketika itu di China gerakan untuk melakukan boikot kepada Oezil menjadi massif. Adidas nampaknya melihat momen tersebut cuma akan menurunkan citra produknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya