5 Gol Jarak Jauh Paling Dahsyat Dalam Sejarah Premier League

Mantan pemain MU, Wayne Rooney saat mencetak gol ke gawang West Ham
Sumber :
  • Sport Images

VIVA – Banyak cara yang dilakukan pesepakbola profesional untuk mencetak gol. Salah satunya adalah dengan melakukan tendangan jarak jauh. 

Mikel Arteta Berharap Lebih dari Kapten Arsenal

Untuk cara ini, tak semua pemain bisa melakukannya. Butuh momen yang tepat, kekuatan tendangan, dan yang terpenting dalam mencetak gol jarak jauh adalah akurasi tendangan.

Jika berbicara tentang gol jarak jauh di Premier League, beberapa pemain top pernah melakukannya. Salah satunya adalah legenda Manchester United dan Timnas Inggris, David Beckham.

Chelsea Bikin Mikel Arteta Terkesan

Gol spektakuler itu dibukukan Beckham ketika MU menghadapi Wimbledon pada tahun 1996. Beckham yang saat itu masih muda melakukannya dari jarak setengah lapangan.

Gol itu membuat popularitas Beckham meroket. Terbukti, selama kariernya dia pernah memperkuat klub-klub top dunia seperti AC Milan, Real Madrid, hingga Paris Saint-Germain (PSG). Lalu, siapa lagi yang bisa mencetak gol dari jarak jauh di Premier League selain Beckham? 

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Melansir Clubcall, sejak kompetisi kasta teratas Inggris berubah nama menjadi Premier League pada 1992, setidaknya ada lima gol jarak jauh terbaik yang tercipta . Berikut 5 Gol Jarak Jauh Paling Dahsyat Dalam Sejarah Premier League.

5. Wayne Rooney, West Ham Vs Manchester United, Maret 2014

Rooney menjadi pahlawan kemenangan MU 2-0 atas tuan rumah West Ham United. Satu di antaranya adalah gol cantik dari tengah lapangan. 

MU melakukan serangan balik yang diawali umpan jauh dari Ashley Young. Bola berhasil diterima Rooney dengan baik setelah memenangkan duel dengan pemain belakang West Ham.

Rooney yang melihat kiper The Hammers, Adrian, sudah jauh dari garis gawang, lalu melepaskan sepakan jarak jauh. Adrian salah memprediksi arah bola, hingga tendangan Rooney itu masuk ke gawang.


4. Asmir Begovic, Stoke Vs Southampton, November 2013

Kiper Stoke City, Asmir Begovic mencetak gol yang spektakuler ke gawang Southampton. Kiper timnas Bosnia Hersegovina itu mencetak gol lewat tendangan jauh. Bahkan, gol tersebut sempat masuk buku rekor dunia Guiness karena jaraknya yang mencapai 91,9 meter.

Menariknya, gol tersebut dicetak Begovic ketika pertandingan baru berjalan 13 detik. Sayangnya, gol dahsyat Begovic itu tak mampu membawa kemenangan bagi Stoke, karena Southampton berhasil memaksakan pertandingan menjadi imbang.

"Saya merasa hebat untuk mendapat kehormatan seperti ini, dan sebagai seorang penjaga gawang saya tak membayangkan hal ini bisa terjadi, lebih-lebih untuk pencatatan rekor dunia seperti ini," kata Begovic, dikutip BBC.

3. Charlie Adam, Stoke Vs Chelsea April 2015

Stoke sepertinya memiliki pemain-pemain yang berbakat untuk mencetak gol jarak jauh. Setelah Begovic, dua tahun kemudian, atau pada 2015 lalu, giliran gelandang Charlie Adam. 

Mirisnya, tim raksasa Chelsea yang harus menjadi korban pada laga yang digelar di Stamford Bridge 4 April 2015 itu. Gol bermula dari serangan balik yang di bangun The Potters. Charlie Adam menerima umpan dari Jonathan Walters.

Adam memahami kalau kiper Chelsea saat itu Thibaut Courtois sedang lengah. Dengan cerdik, Adam melepaskan tembakan jarak jauh sekitar 62 meter. Namun, lagi-lagi gol itu tak mampu membut Stoke menang. Sebab, Stoke harus pulang dengan tangan hampa setelah kalah 1-2.

2. Xabi Alonso, Liverpool Vs Newcastle September 2006

Saat Liverpool menjamu Newcastle United, pada laga tunda pekan kedua Premier League 2006-2007, Xabi Alonso mencetak gol spektakuler dari jarak 59 meter. 

Gol Xabi ini menjadi terasa spesial karena sebelumnya Liverpool menelan hasil negatif melawan Everton (0-3) serta Chelsea (0-1). Liverpool berhasil menang 2-0 melalui gol Xabi dan Dirk Kuyt.

1. David Beckham, Wimbledon Vs Manchester United , Agustus 1996

Pekan perdana Premier League musim 1996--1997, MU berhasil meraih kemenangan besar 3-0 atas Wimbledon. Gol-gol MU dicetak oleh Eric Cantona, Dennis Irwin, dan David Beckham.

Khusus gol terakhir, terjadi dengan cara yang spektakuler. Beckham yang saat itu masih muda melakukannya dari jarak setengah lapangan. 

Gol bermula ketika barisan pertahanan MU berhasil mematahkan serangan Wimbledon . Beckham menerima umpan sebelum garis tengah permainan lawan. 

Pada saat itu, Beckham menyadari bahwa kiper Wimbledon, Sullivan, dalam posisi ke luar dari sarangnya. Beckham tanpa basa-basi melepaskan tembakan melengkung dan tidak bisa diantisipasi Sullivan.

Gol ini menjadi titik awal kariernya yang megah. Setelah gol itu, Beckham dielu-elukan dan mulai mendapat sebutan sebagai pemain bintang. Karena gol itu jugalah, Beckham akhirnya mendapatkan panggilan dan memainkan debut di Timnas Inggris.

“Gol itu mengubah hidup saya. Bola itu seperti berada di udara selama berjam-jam lamanya dan semuanya menjadi sunyi. Lalu bola itu masuk dan seperti meletus. Saya melayang tinggi di awan," ucap Beckham saat itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya