Mengenang Umpan 'Manis Manja' Beckham dan Tendangan Mematikan Zidane

Roberto Carlos, David Beckham, Luis Figo, dan Zinedine Zidane
Sumber :
  • FIFA

VIVA – Legenda Timnas Inggris, David Beckham pernah empat tahun memperkuat raksasa LaLiga, Real Madrid pada 2003–2007. Beckham diboyong Madrid dari Manchester United, klub pertama dan membuat namanya meroket. 

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Kedatangan Beckham saat itu melengkapi julukan Madrid, Los Galacticos beserta Zinedine Zidane, Ronaldo Luiz Nazario de Lima, Luis Figo.

Selama empat musim berseragam Real Madrid, Beckham mencatatkan 159 penampilan di berbagai kompetisi. Dalam kesempatan tersebut, Beckham berhasil membuat 20 gol serta 51 assist.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Bersama Madrid, Beckham memenangi dua gelar yaitu Laliga 2006-2007 serta Piala Super Spanyol tahun 2004. Beckham juga dikenal sebagai pemain yang memiliki tendangan dengan akurasi yang baik. 

5 Pemain Bintang Sepakbola Muslim Eropa yang Rajin Ibadah dan Hafal Al-Quran

Terbukti, dari catatan di atas, jumlah assistnya melebih gol yang ia ciptakan. Kelebihan lainnya adalah Beckham mampu membuat jalannya bola melengkung dengan indah.

Dari 51 assist tersebut, memang sulit menilai mana satu yang paling baik. Namun, juga sangat sulit untuk melupakan umpannya yang luar biasa untuk Zinedine Zidane melawan Real Valladolid pada September 2003.

Kombinasi umpan akurat Beckham dan tendangan mematikan Zidane membuat gol tersebut akan selalu dikenang. Momen itu terjadi tepatnya pada menit ke-53.

Hampir dari setengah lapangan dari sudut kanan, Beckham melepaskan umpan silang lambung. Bola menari-nari di udara dan berhasil melewati pemain belakang Valladolid. 

Sejatinya, dalam kotak penalti itu juga ada Ronaldo. Namun, bola seperti mencari Zidane. Tanpa ampun, Zidane yang kini menjadi pelatih Madrid melepaskan tendangan first time. Bola meluncur deras dan menghujam gawang.

Gol itu semakin terasa sempurna karena dalam laga tersebut Madrid meraih kemenangan besar 7-2. Gol-gol kemenangan Madrid dicetak Zidane, Ronaldo, Figo, dan hattrick Raul Gonzalez, serta gol bunuh diri kiper Valladolid, Julio Cesar. Sementara Beckham yang bermain penuh mampu mencetak dua assist. Salah satunya adalah umpan fantastisnya kepada Zidane.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya