Pemain Asing Persib Ini Coba Belajar Bahasa Indonesia

3 pemain Persib: Nick Kuipers, Kevin Van Kippersluis dan Omed Nazari.
Sumber :
  • VIVA / Dede Idrus

VIVA – Legiun asing Persib Bandung, Kevin Van Kippersluis, mengaku tengah tertarik belajar bahasa Indonesia. Dia menilai, dengan belajar bahasa Indonesia, proses adaptasinya di tim akan lebih mudah. 

Xavi Hernandez Beber Alasan Bertahan di Barcelona

Kemampuan Kevin bercakap bahasa Indonesia memang belum fasih. Mengingat, pemain asal Belanda ini baru dua pekan berseragam Maung Bandung.

Sejauh ini, dia lebih banyak berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan para pemain. Namun, hal itu tak menyulitkannya karena sebagian pemain Persib juga fasih bahasa Inggris. 

Bocah Super Arsenal Tak Cuma Andalkan Bakat

"Rekan-rekan yang baik di tim, berbicara beberapa kata dengan bahasa Inggris, tapi saya juga mencoba belajar bahasa Indonesia, beberapa kata saya sudah sedikit tahu, tapi saya mencoba belajar lebih," tutur Kevin. 

Menariknya, kata Kevin, ada kata-kata dalam bahasa Indonesia yang  punya kesamaan dengan bahasa Belanda. Namun, dia mengaku hanya sebatas mendengar belum mendalami. 

STY Muda Pernah Bobol Gawang Persib, Ini Potretnya saat Duel dengan Robby Darwis

"Ya beberapa ada (persamaan) seperti yang beberapa saya dengar, tapi saya tidak tahu apa itu persis tapi saya mencoba belajar," jelas pemilik nomor punggung 20 ini. 

Baru dua pekan membela Persib, Kevin mengaku sudah kepincut dengan nasi goreng. Menurutnya, makanan khas Indonesia itu sangat lezat. 

"Ya nasi goreng, nasi goreng enak. Dan sebenarnya di Belanda juga ada nasi goreng tapi enggak sama kayak di sini, tapi mirip lah. Yang pasti nasi goreng sangat enak," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya