Mengejutkan! 5 Pesepakbola dengan IQ Tertinggi di Dunia, Ada Balotelli

Penyerang Brescia, Mario Balotelli
Sumber :
  • Instagram/@brescia_calcio

VIVA – Mantan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla Aspas, pernah mengingatkan bahwa inteligensia atau kecerdasan pikiran punya peran penting dalam permainan sepakbola. Ternyata, apa yang dikatakan Milla terbukti. Ada lima sosok pemain dan pelatih/manajer yang punya tingkat kecerdasan tertinggi di dunia.

WWF ke-10 di Bali, Putu Rudana: Penanda Air Bukan Isu Ecek-ecek tapi Sangat Krusial

Menurut laporan Sokkaa pada 14 Agustus 2018, tercatat ada lima pemain dan pelatih/manajer, yang ternyata punya skala Intelligence Quotient (IQ) paling tinggi di dunia. Siapa saja mereka? Berikut laporannya:

1. Juan Mata

Ngeri! Gelombang Panas Tewaskan 150 Ribu Orang di Seluruh Dunia

Gelandang Manchester United, Juan Mata

Gelandang serang asal Spanyol ini sudah 15 tahun menggantungkan karier di sepakbola profesional. Dengan skala IQ 142, Mata memang dikenal sebagai seorang pemain yang bisa membuat perbedaan dalam tim. Sepanjang kariernya, Mata sudah berhasil meraih sederet gelar, di antaranya adalah juara Liga Champions 2011/2012, Piala Eropa 2012, dan Piala Dunia 2010.

Survey: 81 Persen Warga AS Punya Pandangan Negatif Terhadap China

2. Frank Lampard

Manajer Chelsea, Frank Lampard.

Saat ini, Lampard sudah melanjutkan kariernya sebagai manajer untuk klub yang membesarkan namanya, Chelsea. Sepanjang 21 tahun kariernya sebagai pemain, pria 41 tahun ini ikut membawa Chelsea meraih tiga gelar Premier League, satu gelar Liga Europa, dan satu gelar Liga Champions. Wajar saja ia jadi idola Chelsea dalam waktu yang panjang. Dengan skala IQ 150 yang dimilikinya, Lampard juga merupakan pemain dengan kecerdasan di atas rata-rata.

3. Mario Balotelli

Mario Balotelli saat berseragam Olympique Marseille.

Skala IQ yang dimilikinya mencapai 157. Meski dikenal sebagai pemain yang bengal dan kerap membuat aksi kontroversi, Balotelli tetap merupakan salah satu penyerang dengan kualitas nomor wahid. Buktinya, striker yang kini membela Brescia ini ikut mengantar Inter meraih treble winner pada 2009/2010 dan mengantar Manchester City juara Premier League musim 2011/2012.

4. Arsene Wenger

Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger

Saat masih aktif bermain, Wenger memang tak terlalu terkenal. Meskipun, ia pernah membawa Strasbourg meraih gelar juara Divisi 1 (kini Ligue 1) musim 1978/1979. Akan tetapi, Wenger justru mampu membuktikan kapasitasnya saat melanjutkan karier sebagai pelatih. Tentu, dunia akan mengingat bagaimana sepak terjang Arsenal saat menjuarai Premier League 2003/2004 dengan status tak terkalahkan selama satu musim (The Invincible Arsenal).

5. Gerard Pique

Bek Barcelona, Gerard Pique.

Ternyata Pique jadi pesepakbola yang punya skala IQ tertinggi, mencapai 170. Meski posisinya adalah pemain belakang, Pique dikenal begitu tangguh menjaga areanya. Barcelona dan Timnas Spanyol begitu mengandalkannya hingga saat ini. Sepanjang hampir 17 tahun kariernya, Pique punya sederet gelar di antaranya tiga cincin juara Liga Champions, dua titel juara Piala Eropa, dan satu gelar Piala Dunia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya