5 Ronaldo Beda Nasib, Pemain Terbaik Dunia hingga Tampil di Liga 2

Ronaldinho memiliki nama asli Ronaldo de Assis Moreira.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Selama ini nama Ronaldo begitu melekat dengan megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo. Itu wajar karena CR7 merupakan salah satu pemain terbaik di dunia saat ini.

Rasmus Hojlund Lebih Pilih Legenda MU Dibanding Cristiano Ronaldo, Kenapa?

Namun, ternyata nama Ronaldo cukup pasaran. Bukan hanya Cristiano Ronaldo yang memiliki nama ini. Ada juga pemain lain dengan nama serupa.

Siapa saja mereka? Berikut pembahasannya.

Terpopuler: Shin Tae-yong Dipanggil Haji Lulung, Suporter Liverpool Protes

1. Cristiano Ronaldo 
Pemain yang satu ini sih semua orang pasti tahu. Nama Ronaldo diambil dari mantan Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan yang diidolai oleh mendiang sang ayah.

Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo Ucapkan Selamat Idul Fitri Kepada Umat Islam di Dunia

Ronaldo merupakan salah satu pemain terbaik di dunia. Pemain 35 tahun ini sudah mengoleksi lima Ballon d'Or dan empat Sepatu Emas Eropa.

(Baca juga: Caption Instagram Si Seksi Georgina Bikin Heboh, Bakal Nikahi Ronaldo?)

Tak hanya itu, Ronaldo sudah mengoleksi 30 trofi sepanjang kariernya, termasuk tujuh gelar liga, lima Liga Champions, ditambah Piala Eropa dan UEFA Nations League bersama Portugal.

2. Ronaldo Luís Nazario de Lima
Ronaldo ini juga pemain terbaik dunia, namun berbeda zaman dengan Cristiano Ronaldo. Ronaldo tiga kali merebut gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA dan dua Ballon d'Or.

Legenda hidup Timnas Brasil, Ronaldo Luis Nazario da Lima

(Baca juga: Setelah Pamer Tubuh Monster, Legenda Brasil Bongkar Aib Liar Ronaldo)

Ronaldo sempat memperkuat sejumlah klub papan atas Eropa dari mulai Barcelona, Inter Milan, Real Madrid dan AC Milan. Dia dua kali merebut gelar Piala Dunia bersama Brasil pada 1994 dan 2002. Kini, Ronaldo tercatat sebagai presiden sekaligus pemilik klub LaLiga, Real Valladolid.

3. Ronaldo de Assis Moreira
Mendengan nama Ronaldo de Assis Moreira mungkin banyak yang mengernyitkan dahi. Publik lebih banyak yang mengenal sosok satu ini dengan nama Ronaldinho.

(Baca juga: Jadi Tahanan Rumah, Ronaldinho Dikabarkan Gelar Pesta dengan Perempuan)

Ronaldinho berarti Ronaldo kecil. "Inho" dalam bahasa Brasil artinya kecil. Nama ini melekat karena postur tubuhnya yang kecil saat masih kanak-kanak.

Ronaldinho sempat mengalami masa keemasan saat memperkuat Barcelona dan AC Milan. Ronaldinho sukses merebut dua gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA dan satu Ballon d'Or. Dia juga sukses membawa Brasil menjuarai Piala Dunia 2002.

Ronaldinho saat merayakan pesta ulang tahun yang ke-40 di dalam penjara.

Kini, Ronaldinho berstatus tahanan rumah setelah sempat mendekam di penjara. Dia  dihukum karena kasus pemalsuan paspor saat memasuki wilayah Paraguay pada Maret 2020 lalu. Dia ditangkap bersama dengan kakaknya, Roberto de Assis.

4. Ronaldo Henrique Silva
Sama seperti pemain nomor 2 dan 3 di atas, Ronaldo yang satu ini juga pemain asal Brasil. Namun, nasib pemain 29 tahun ini jauh berbeda.

Berposisi sebagai penyerang, kemampuan Ronaldo tak begitu mengesankan. Dia seperti kutu loncat yang berpindah-pindah klub setiap musim.

Ronaldo sempat memperkuat klub Divisi II Jepang, Yokohama FC pada 2014. Di musim 2019 dia mengembara ke Liga Super Malaysia, memperkuat Perak FA.

Di musim 2020 ini, Ronaldo kembali ke negaranya. Dia tercatat sebagai pemain klub promosi Serie A Brasil, Sport Recife.

5. Vendry Ronaldo Mofu
Ternyata Indonesia juga memiliki sosok Ronaldo. Dia adalah Vendry Ronaldo Mofu, gelandang klub Liga 2, Semen Padang.

Pemain Semen Padang, Vendry Mofu, saat hadapi Persib Bandung

Vendry sempat menjadi andalan Timnas Indonesia saat ada dualisme liga pada 2012 silam. Total, dia 11 kali membela Skuat Garuda dengan dua gol. Vendry sempat membela Indonesia di Piala AFF 2012.

Pada 2013, Vendry masih sempat membela Timnas. Namun, sejak terakhir dipanggil pada 15 Oktober 2013 melawan China, pemain 30 tahun ini tak pernah lagi dipanggil Timnas Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya