Heboh Kasus 16 Oknum TNI LGBT, 3 Pesepakbola Top Ini Ngaku Sendiri

Mantan pemain Timnas Jerman, Thomas Hitzlsperger
Sumber :
  • Spiegel

VIVA – Fenomena adanya kelompok lesbian gay biseksual transgender (LGBT) di kalangan TNI/Polri tengah ramai jadi perbincangan publik. 

Kebelet Pipis, Kiper Ini Kencing di Atas Lapangan

Sebanyak 16 oknum anggota TNI dipecat karena terlibat dalam penyimpangan seksual itu. Mereka juga dihukum penjara karena tidak menaati perintah atasan yang tertuang dalam Surat Telegram (ST) Panglima TNI tentang Larangan terhadap Prajurit TNI dan PNS serta keluarganya untuk tidak melakukan hubungan sesama jenis. 

Sebenarnya, terdapat 20 berkas perkara kasasi pada Mahkamah Agung (MA) mengenai pelanggaran hukum prajurit terkait perbuatan homoseksual. Namun, masih ada putusan yang baru diketok di tingkat pertama.

Top Trending: 5 Negara Legalkan Pernikahan Jenis, Wanita Nge-prank Presiden hingga Kisah Mualaf Jess

Juru bicara MA Andi Samsan Nganro mengatakan, modus anggota TNI yang terlibat dalam hubungan LGBT ini yakni dengan menggunakan jejaring sosial grup WhatsApp.

5 Negara yang Baru-baru Ini Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

"Perlu diluruskan bahwa oknum prajurit TNI pelaku homoseksual tidak dalam bentuk terorganisasi, melainkan dalam kelompok grup WA dengan nama komunitas tertentu," kata Andi. 

Fenomena LGBT sejatinya bukan hanya terjadi di lingkungan TNI saja. Di sepakbola juga marak, khususnya sepakbola internasional.

Terdapat sejumlah pemain yang terang-terangan mengaku bahwa mereka adalah gay alias penyuka sesama jenis. Berikut 3 pesepakbola top yang Ngaku LGBT:

1. Justin Fashanu.

Pesepakbola asal Inggris ini adalah pemain pertama yang mengaku sebagai gay pada 1997 silam. Pria kelahiran 19 February 1961 itu pernah membela sejumlah klub Premier League di antaranya Norwich City, Brighton & Hove Albion, Southampton, West Ham United, hingga Manchester City.

Namun, setelah pengakuannya itu, karier Justin menukik drastis. Potensinya dibatasi oleh ketida sukaan pemain, pelatih dan masyarakat untuk menerima seksualitas Fashanu.

Dalam sebuah wawancara dengan The Sun 1990 lalu Justin terang-terangan mengaku "Bintang Sepakbola Seharga 1 juta poundsterling: AKU GAY."

Akhir hidup Justin berakhir tragis. Dia ditemukan tewas bunuh diri di garasi rumahnya di kawasan London Timur. Menariknya, Justin meninggalkan secarik kertas dengan sebuah pesan.

"Saya berharap jadi sosok yang lebih dari seorang putra, saudara, paman dan teman yang baik. Saya mencoba yang terbaik, tapi tampaknya dunia sangat sulit ditaklukkan," tulisnya.

2. David Testo

Daivd Testo merupakan pesepakbola asal Amerika Serikat. Dia mengaku sebagai seorang gay pada 2011. Sama seperti Justin, karier David meredup usai pernyataan itu. Montreal Impact memutus kontraknya dan tak ada klub yang memberikan tempat pada pria yang kini berusia 39 tahun itu.

“Aku agak membenci diriku sendiri. Ketika kamu diberitahu bahwa orang gay adalah orang berdosa yang akan dibakar di neraka abadi dan kamu adalah orang itu, apa yang seharusnya kamu rasakan," kata David, dilansir gaystarnews.

3. Thomas Hitzlsperger

Pemain asal Jerman ini mengaku sebagai gay setelah pensiun pada 2014 lalu. Hitzlsperger pernah memperkuat beberapa klub seperti Aston Villa, West Ham United, dan Everton.

Pemilik 52 caps bersama Timnas Jerman itu menutupi identitasnya sebagai gay karena tahu kariernya akan meredup. "Saya tahu bahwa akan ada reaksi negatif dari mereka yang tidak akan pernah memahaminya, juga terhadap keluarga saya, tetapi itu tidak mengganggu mereka," ucapnya, dilansir The Guardian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya