Mengenang Gol Tangan Tuhan Termasyhur Diego Maradona

Gol Tangan Tuhan legenda Argentina, Diego Maradona
Sumber :
  • The Sun

VIVA – Diego Maradona telah wafat. Legenda Timnas Argentina itu meninggal dunia di usia 60 tahun akibat serangan jantung.

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Warisan Maradona begitu banyak di sepakbola. Maka, wajar kalau seluruh elemen sepakbola dunia menyampaikan rasa duka mendalam terhadap kepergian Maradona.

Salah satu warisan paling sensasional Maradona adalah gol Tangan Tuhan. Ini terjadi pada perempatfinal Piala Dunia 1986.

Lionel Messi Absen, Timnas Argentina Bantai Kosta Rika

Berhadapan dengan Timnas Inggris di Azteca, 22 Juni 1986, Maradona bermain curang dengan mencetak gol menggunakan tangannya.

Duel Argentina versus Inggris sempat buntu di babak pertama. Albiceleste sempat kesulitan menghadapi Inggris yang bermain dengan kekuatan fisiknya.

Berkah Ramadhan untuk Ramadhan Sananta, Jumlah Golnya Lampaui Lionel Messi!

Meski mampu menguasai pertandingan, Argentina kerap menemukan kesulitan saat harus menyelesaikan peluang di depan gawang Inggris.

Hingga akhirnya, pada menit 51, terjadi sebuah insiden. Maradona sempat ingin membangun kerjasama dengan Jorge Valdano.

Menerima umpan Maradona, Valdano hendak melakukan teknik rainbow flick. Namun, tipuan tersebut dibaca dengan mudah oleh gelandang Inggris, Steve Hodge.

Bola hendak dibuang Hodge. Tapi, malah mengarah ke Maradona. Kiper Inggris kala itu, Peter Shilton, sadar akan agresivitas bola.

Photo :
  • The Sun

Karena posturnya lebih tinggi, Shilton sangat yakin bisa menjangkau bola. Namun, tiba-tiba Maradona melompat, tangannya dengan nakal menyentuh bola dan gol terjadi.

Wasit kala itu, Ali Bennaceur, mengesahkan gol Maradona, disambut dengan protes para pemain Inggris. Tapi, Bennaceur didukung oleh hakim garis yang menyatakan aksi Maradona sah.

Gol ini jadi awal petaka Inggris karena empat menit berselang Argentina berhasil cetak gol kedua, lagi-lagi lewat Maradona. Inggris cuma bisa membalas sekali. Hingga akhirnya mereka tersingkir.

Tangkapan kamera salah satu fotografer membuktikan, Maradona memang menggunakan tangannya untuk mencetak gol. Setelah beberapa lama, Maradona akhirnya mengakui, menggunakan bantuan tangannya untuk mencetak gol.

"Jika bisa ke masa lalu, ingin rasanya kembali dan mengubah sejarah. Tapi, gol tetaplah gol. Argentina pada akhirnya bisa juara. Dan, saya menjadi pemain terbaik dunia. Saya tak bisa mengubah sejarah. Apa yang sudah saya lakukan telah terjadi," ujar Maradona dilansir The Sun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya