5 Julukan Unik Diego Maradona yang Jarang Diketahui Orang

Maradona
Sumber :

VIVA – Sosok Diego Maradona kerap kali lebih didefinisikan oleh karakter uniknya daripada oleh kemampuan sepakbolanya. Ikon Argentina yang meninggal Rabu kemarin itu diberikan julukan dari sebelum, selama hingga setelah karir sepakbolanya.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Karena bakatnya yang terlihat sejak belia, Maradona diberi julukan "El Pibe de Oro" (Anak Emas). Nama yang melekat padanya sepanjang karirnya. Namanya pun berkibar seiring suksesnya membawa klubnya dan Timnas Argentina berjaya.

Tapi ada banyak julukan lain yang melekat dan digunakan untuk memberi penghormatan kepada mantan bintang Napoli itu setelah kematiannya di usia 60 tahun, pada 25 November 2020 lalu di Tigre, sebelah utara Buenos Aires, Argentina.

Geser Lionel Messi, Pemain Timnas Indonesia Ini Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia

Julukan El Pelusa, El Cebollita dan El Pibe de Oro semuanya mengacu pada Maradona, tapi apa sebenarnya artinya? Dan dari mana asalnya? Seperti dilansir Marca, berikut ini julukan lain Maradona berikut maknanya:

El Pelusa

Geser Malaysia dan Singapura, Rangking FIFA Timnas Indonesia Melesat

Photo :
  • Daily Mirror

Diego Maradona selalu menonjol karena tubuhnya yang pendek, kekar, dan rambut afronya yang besar, terutama selama tahun-tahun awal kariernya. Julukan Pelusa, secara harfiah diterjemahkan menjadi 'The Fuzz', mengacu pada rambut besarnya dan pertama kali digunakan di kampung halamannya di Villa Fiorito.

El Barrilete Cosmico

Photo :
  • The Sun

Menjelang Piala Dunia 1986 di Meksiko, pemain Argentina Cesar Luis Menotti tidak setuju dengan keputusan memberi Maradona kapten di depan Daniel Passarella.

"Maradona kehilangan identitasnya beberapa waktu lalu dan semakin parah," kata Menotti kepada pers saat itu. "Jika Maradona berhenti hidup seperti layang-layang, apakah saya berangkat atau tidak, dia bisa menjadi bintang Piala Dunia."

Maradona tentu saja, menjadi sosok krusial buat Timnas Argentina yang berhasil menjuarai Piala Dunia ini. Dan deskripsi layang-layang itu pun melekat padanya.

El Cebollita

Photo :
  • Twitter

Nama panggilan ini tidak digunakan untuk menggambarkan diri Maradona sendiri. Ketika Francisco Cornejo menemukannya bermain untuk Argentinos Juniors, dia menyebut tim tersebut yang penuh dengan pemain yang lebih kecil, sebagai 'Bawang Kecil'.

Julukan Lainnya
Nomor punggung 10 khas Maradona juga menjadi bagian dari citranya, memberinya julukan 'El Diez' (Sang Nomor 10) dan D10S (Dios diterjemahkan sebagai Tuhan, dengan angka 10 menggantikan huruf I dan O).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya