Menguak 18 Bisnis yang Bikin Ronaldo Afrika Tajir Melintir

Pemain Ghana, Asamoah Gyan.
Sumber :
  • mirror.co.uk

VIVA – Di balik kisah suksesnya di dunia sepakbola, mantan striker Sunderland, Asamoah Gyan kini menjadi pengusaha sukses di negara asalnya, Ghana. Ini berkat beragam bisnis yang dilakoninya. Dari maskapai penerbangan hingga promotor tinju.

Kebelet Pipis, Kiper Ini Kencing di Atas Lapangan

Gyan pernah bermain selama dua tahun di Sunderland dan kini bermain untuk Legon Cities di Liga Utama Ghana setelah meninggalkan klub India, NorthEast United. Pemain 35 tahun itu juga merupakan pencetak gol terbanyak Timnas Ghana lewat torehan 51 gol.

Bukan hanya sukses di dunia sepakbola, dia juga kini menjadi salah satu pengusaha tajir di negaranya. Dilansir Daily Star, Rabu 10 februari 2021, ada 18 lini bisnis yang dia geluti. Di antaranya, Gyan saat ini membuka bisnis maskapai bernama Baby Jet yang telah mendapat lisensi dari otoritas Ghana.

Lionel Messi Beli Rumah, Alasannya Bikin Bengong

Maskapai penerbangan ini akan mulai beroperasi sebagai angkutan kargo, sebelum berkembang menjadi maskapai komersial. Tidak jelas apakah maskapai tersebut akan fokus pada pasar domestik, atau penerbangan internasional.

Nama maskapai Gyan juga merupakan nama perusahaan promotor tinju miliknya. Mantan juara IBO Lightweight Emmanuel Tagoe adalah salah satu petarung yang mereka promosikan dan kelola untuk diorbitkan sebagai petinju kelas dunia.

Bruno Fernandes Tuai Hujatan karena Aktingnya yang Gagal

Nama besar Gyan juga dimanfaatkannya untuk membangun bisnis hiburan berupa pusat hiburan bernama Infiniti. Ada juga perusahaan JetLink yang berjalan dalam pembangunan panggung, layar LED, dan sistem PA untuk acara besar.

Seperti banyak pemain sepakbola lainnya, Gyan juga berbisnis di dunia properti. Dia diketahui memiliki beberapa gedung dan apartemen yang disewakan kepada individu dan perusahaan.

Bukan hanya bisnis tradisional yang diminati Gyan, striker ini juga memiliki lebih dari 30 bus yang melayani ibu kota Ghana, Accra. Gyan bisa mendapatkan diskon bahan bakar untuk busnya, karena dia juga memiliki sejumlah pom bensin.

Selain kendaraan, Gyan juga memuaskan dahaga penduduk Ghana melalui perusahaan Paradise Pac Drinking Water miliknya, yang telah memperkenalkan air kemasan di negaranya. Selain air, Gyan juga mengimpor mie dan beras melalui perusahaan Mama Vits Noodles and Rice miliknya.

Gyan pun layak dianggap sebagai ‘Ronaldo Afrika’ dalam keberhasilannya di dunia bisnis. Seperti diketahui, selain sukses di atas lapangan, bintang Portugal Cristiano Ronaldo juga berhasil mengembangkan bisnisnya di berbagai bidang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya