Ronaldo Ketipu Agen Travel Gara-gara PIN Kartu Kreditnya Bocor

Megabintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • Manchester United

VIVA – Megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo, adalah salah satu korban terkenal dari kasus penipuan rumit yang membuatnya harus kehilangan hampir £250.000 (Rp4,8 miliar). Sebuah agen perjalanan telah menipu Ronaldo.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Seorang wanita asal Portugal berusia 53 tahun bernama Maria Silva juga menipu agen Ronaldo, Jorge Mendes lebih dari £14.000 (Rp237 juta) dan mantan pemain MU, Nani lebih dari £1.500 (Rp29 juta).

Akibat tindak kejahatan tersebut, Maria mendapatkan hukuman penjara empat tahun yang tangguhkan dalam sebuah putusan pengadilan di Porto, menurut laporan media Portugal ternama, Jornal de Noticias pada Minggu 19 September 2021.

Terpopuler: Philippe Troussier Mualaf, Timnas Portugal Keok dengan Cristiano Ronaldo

Surat kabar itu mengungkapkan bahwa Ronaldo terhindar dari keharusan menghadiri persidangannya setelah dia membuat pengakuan penuh.

Pemenang Ballon d'Or empat kali itu memberikan pernyataan kepada polisi setelah terbang ke Porto dengan jet pribadi dan bertemu dengan pengacaranya Carlos Osorio de Castro.

Cara Mahasiswi Cantik Tipu Korban Tiket Konser Coldplay hingga Raih Rp 1,2 Miliar

Skandal yang sebelumnya tidak dilaporkan, dibeberkan oleh Jornal de Noticias dalam pengungkapan tentang pelanggaran Maria yang serakah terhadap kepercayaan yang diberikan Ronaldo kepadanya dengan memberikan rincian kartu kredit dan kode PIN-nya.

Surat kabar itu mengatakan, Silva telah menipu Ronaldo senilai £245.770, yang berhubungan dengan sekitar 200 perjalanan yang tidak pernah dia lakukan di Portugal, negara-negara Eropa lainnya, Afrika dan Amerika Serikat.

Maria dilaporkan melakukan penipuan dengan meminta kliennya untuk mentransfer uang tunai dalam sebuah perjalanan yang dia atur kepada mereka ke akun pribadinya, bukan ke akun bisnis agen perjalanan tempat dia bekerja.

Dia kemudian menagih biaya perjalanan itu dari rekening korban seperti Ronaldo, yang telah memberinya kartu kredit virtualnya, serta PIN-nya, untuk mengisi kekosongan di akun perusahaannya, demikian laporan di Jornal de Noticias.

Surat kabar itu melaporkan dia menggunakan taktik yang sama untuk menipu orang-orang seperti Jorge Mendes, agen olahraga Gestifute, Nani dan mantan pemain Portsmouth dan Everton, Manuel Fernandes.

Penipuan itu telah merugikan Fernandes £2.440 (Rp47,6 juta) dan Gestifute £36.000 (Rp703 juta). Perusahaan tempat Maria bekerja, Geostar dikatakan telah membayar kembali uang korban penipuan yang salah diambil dari mereka dan dia setuju untuk membayar kembali kompensasi bulanan kepada majikan lamanya untuk menghindari masuk penjara.

Ronaldo menjadi sasaran dari kejahatan selama tiga tahun antara Februari 2007 hingga Juli 2010 ketika dia bermain di Manchester United dan kemudian pindah ke Real Madrid.

Kapten Timnas Portugal itu telah memberikan pernyataan kepada Policia Judiciaria di Porto pada 7 Juni 2011, menurut Jornal de Noticias.

Dia dikatakan telah memasuki kantor polisi melalui pintu belakang sehingga kehadirannya tidak diketahui.

Maria sendiri dilaporkan telah diperiksa oleh polisi pada Oktober 2013, dan menolak untuk menjawab pertanyaan yang diajukan polisi kepadanya. Akan tetapi, dia membuat pengakuan penuh di pengadilan di mana dia dinyatakan bersalah atas penipuan dan pemalsuan. 

Tidak dijelaskan bagaimana kejahatannya terungkap. Namun, Maria dihukum pada 10 Januari 2017 oleh pengadilan pidana di Porto.

Mantan rekan setim Ronaldo di Timnas Portugal, Simao Sabrosa, termasuk di antara klien yang tanpa disadari mentransfer uang tunai ke akun pribadi Maria, alih-alih mengirim ke akun perusahaan sebagai bagian dari penipuannya, 

Surat kabar itu menambahkan: “Setelah itu agen perjalanan harus mengisi kekosongan di akun perusahaan."

“Oleh karena itu, dia mulai menagih perjalanan itu ke Cristiano Ronaldo, yang memiliki akun di Geostar dan untuk alasan praktis, memberi agen kartu kredit virtual dan kode PIN.

“Itu adalah rute hijau untuk mengambil uang.” Menurut perjanjian yang dapat diakses oleh Jornal de Noticias, Maria Silva menagih jutawan itu untuk sekitar 200 perjalanan yang tidak pernah dia lakukan.

“Dalam akun Geostar, CR7, keluarga dan teman-teman melakukan perjalanan yang tak terhitung jumlahnya ke Bissau, Milan, Lyon, Sao Paulo, Paris, Brussels, Barcelona, Beograd, Sao Tome and Principe, di antara banyak tujuan lainnya.

“Perjalanan umumnya dibayar melalui virtual yang dapat diakses oleh agen perjalanan karena spesifikasi pekerjaannya."

“Wanita itu akhirnya menipu klien VIP lainnya seperti Jorge Mendes, Nani, dan Manuel Fernandes.”

Surat kabar itu mengungkapkan Silva menderita gangguan kompulsif dan suka menghabiskan semua uang yang ditipunya.

Dia setuju untuk membayar perusahaannya £7.680 (Rp150 juta) sebagai bagian dari kesepakatan pengadilan yang dia buat untuk membebaskannya dari penjara

Penipu, yang sekarang dikatakan bekerja sebagai pembersih dan masih memberi kompensasi kepada majikan lamanya, tidak berkomentar dalam artikel tersebut.

Tidak ada pernyataan resmi juga dari Gestifute, Mendes, Ronaldo atau korban penipuan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya