5 Pemain Sepakbola yang Makin Bersinar Usai Jadi Mualaf

Gelandang Manchester United, Paul Pogba berbuka puasa.
Sumber :
  • instagram.com/manchesterunited

VIVA – Banyak pemain top dunia yang beragama Islam. Ada yang menjadi muslim sejak lahir, dan ada pula yang memutuskan menjadi mualaf.

Kisah Mualaf Ibu dari Crazy Rich Surabaya Gegara Melihat Orang Islam Lakukan Ini

Ternyata, setelah menjadi mualaf banyak pemain yang permainannya semakin bersinar. Salah satunya Paul Pogba yang menjadi pemain dunia usai memeluk Islam.

Langsung saja, berikut lima pemain yang memutuskan menjadi mualaf:

Terpopuler: Philippe Troussier Mualaf, Timnas Portugal Keok dengan Cristiano Ronaldo

1. Paul Pogba

Paul Pogba promosikan kostum ketiga terbaru MU

Photo :
  • The Sun
Kisah Inspiratif Lanny Tria dan Ribka Sugiarto: Dari Tak Diunggulkan Menjadi Juara Swiss Open 2024

Islam bukanlah agama pertama yang Pogba anut dalam hidupnya. Meski lahir dari rahim seorang ibu yang beragama Islam, ia harus melalui perjalanan panjang untuk menjadi seorang mualaf. Di umur yang masih 20 tahun, tepatnya pada 2012 Pogba remaja akhirnya mantap menyerahkan sisa hidupnya pada ajaran Nabi Muhammad SAW ini.

Sebagai muslim, Pogba berusaha taat menjalankan agamanya. Dia sudah menjalankan ibadah umrah dan tetap berpuasa meskipun sedang dalam pertandingan yang padat.

"Saya sudah terbiasa melakukannya (berpuasa saat pertandingan. Saya melakukannya selama bertahun-tahun. Saya memiliki ahli gizi profesional di sini. Dia membantu saya apa yang perlu saya makan. Saat latihan, dia memberi saya sejumlah makanan yang mengandung protein. Jadi, saya tak merasa lelah," ujar Pogba dilansir situs resmi MU.

Karier Pogba pun melejit usai memutuskan menjadi mualaf. Pemain asal Prancis ini memecahkan rekor transfer pada 2016, saat dibeli Manchester United dari Juventus seharga 105 juta euro.

Tak hanya sukses di level klub, ia juga mentereng di level negara. Selain membawa Prancis juara Piala Dunia U-20 2013, ia juga mengantarkan sang negara jawara Piala Dunia 2018.

Cristian Gonzales memutuskan menjadi mualaf pada 9 Oktober 2003. Ia memutuskan menjadi mualaf setelah menikahi perempuan asal Indonesia, Eva Nurida Siregar. Semenjak menjadi mualaf, Gonzales memiliki nama Islam yakni Mustafa Habibi.

Cristian Gonzales

Photo :
  • Rahmad Noto (Surabaya)/VIVA

Diceritakan Gonzales yang menjadi bintang tamu di acara "Seputar Obrolan Selebriti (SOS) ANTV", Rabu, 10 Juli 2013, saat itu ia sedang bermain di klub PSM Makassar. Ia pun memutuskan pindah agama. Ia mengaku istri menjadi salah satu inspirasinya.

"Melihat istri saya salat. Terus berpikir, Islam kok bersih banget ya. Pakai wudu, cuci tangan," katanya saat di acara SOS ANTV. 

Menurut sang istri, Eva, Gonzales mengucapkan dua kalimat syahadat dua kali. Pertama, di Masjid Al-Akbar Surabaya, di bawah bimbingan Ustaz Mustafa. Kedua, di Kediri, dan ia mendapat "ijazah" sebagai mualaf

Semenjak memeluk agama Islam, karier penyerang kelahiran Uruguay ini meningkat pesat. Tercatat setelahnya, Cristian Gonzales tiga kali menjadi top skor Liga Indonesia, tepatnya pada 2005, 2006 dan 2007-2008.

Gonzales juga membawa Persik Kediri juara Liga Indonesia 2006, lalu membawa Arema FC juara Piala Presiden 2017. Di PSS Sleman, El Loco juara Liga 2 2018. Sementara itu bersama Timnas Indonesia, dia meraih runner up Piala AFF 2010.

Ribery memeluk Islam pada 2002, mengikuti keyakinan istrinya, Wahiba Belhami. Dia menambah nama "Bilal" setelah memutuskan menjadi mualaf.

Ribery tergolong Muslim yang taat. Dia beberapa kali terlihat berdoa sebelum pertandingan. Dia juga sangat anti dengan minuman beralkohol.

Franck Ribery saat masih membela Fiorentina.

Photo :
  • instagram.com/franckribery7

"Islam yang menjadi sumber kekuatan saya di dalam maupun di luar lapangan," ujar Ribery kepada majalah Match.

"Saya menjalani karier yang berat. Saya kemudian berketetapan hati untuk menemukan kedamaian. Akhirnya, saya menemukan Islam," lanjutnya.

Selama 12 tahun (2007-2019) membela Bayern Munich, Ribery mengoleksi 124 gol dan 182 assist dari 425 pertandingan di semua kompetisi. Berkat gol dan assist dari Ribery, Bayern Munich memenangkan 23 gelar, dan satu di antaranya merupakan trofi Liga Champions. Bahkan ia disebut-sebut layak memenangkan trofi Ballon dOr 2013.

4. Eric Abidal

Abidal memeluk Islam pada 2007. Dia mendapat hidayah setelah menikahi istrinya Hayet Kebir, wanita asal Aljazair.

Abidal Sudah Menjalani Sesi Latihan Untuk Pemulihan Fisiknya

Photo :
  • http://berbol.com

Kepada majalah Match yang terbit di Paris, Abidal mengatakan, agama Islam telah mendorongnya untuk bekerja keras untuk memperkuat timnya. "Saya memeluk Islam dengan keyakinan penuh," kata pemain asal Prancis ini," kata pemain asal Prancis ini.

Abidal pernah mengalami kanker hati pada 2011, sehingga harus absen lebih dari setahun. Dia akhirnya gantung sepatu pada 2014, usai membela klub Yunani, Olympiakos.

Abidal merupakan sosok yang penting bagi Barcelona. Ia beberapa kali mengantarkan Barcelona menjuarai Liga Champions dan membawa Prancis ke final Piala Dunia 2006.

5. Danny Bluim

Pemain asal Jerman ini menjadi mualaf pada Januari 2015. Penyerang 30 tahun ini menganggap Islam telah memberikannya kekuatan.

"Islam memberikan saya kekuatan. Salat menenangkan jiwaku. Saya orang yang mudah marah, tidak menentu, dan tak tahu di mana saya berada," kata Blum seperti dilansir The News Tribe.

"Saya mengunjungi masjid dan saya langsung merasa bangkit. Saya merasakan sesuatu dan saya selalu ingin lebih," tambahnya.

Bluim kini tercatat sebagai pemain VfL Bochum. Di musim 2020/21, dia membawa Bochum juara Bundesliga 2 sekaligus promosi ke Bundesliga alias kasta teratas Jerman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya