5 Fakta Wayne Rooney yang Mungkin Kamu Tidak Ketahui

Manajer Derby County, Wayne Rooney
Sumber :
  • Twitter/@dcfcofficial

VIVA – Wayne Rooney merupakan mantan pemain Manchester United dan Everton. Rooney bergabung dengan MU pada tahun 2004 dan sudah membela Setan Merah selama 13 musim.

Usai Liverpool, Giliran Man Utd Kena Ejek Negara Rangking Terbawah FIFA

Wayne Rooney merupakah salah satu striker hebat yang dimiliki oleh Manchester United dan Inggris selama bertahun-tahun, Bersama MU Rooney sudah menorehkan 183 gol dari 393 penampilanya, Sementara bersama Timnas Inggris pemain yang memiliki julukan Wazza itu sudah mencetak 53 gol dari 53 penampilanya, seperti dikutip dari wikipedia.

Selama 13 musim bersama Manchester United Wayne Rooney sudah memenangkan 15 trofi diantaranya, lima trofi Premier League, tiga trofi Carling Cup, empat trofi Community Shield, satu trofi Liga Champions, satu Piala Dunia Antar Klub dan satu Piala FA.

Arsenal Ingin Ulangi Sejarah 2002 di Old Trafford

Berikut beberapa fakta Wayne Rooney yang belum anda ketahui, seperti dilansir dari Sportskeeda, sebagai berikut:

1. Penggemar Berat Harry Potter

Manchester United Kena Bantai, Ten Hag Beber Kesalahan Fatal Tim

J.K. Rowling

Photo :
  • Facebook J.K. Rowling

Selain mahir dalam mencetak gol, Rooney juga aktif dalam mengkampanyekan minat baca pada anak-anak, dilain kesempatan Rooney mengungkapkan buku favoritnya adalah J.K Rowling merupakan penulis dari buku Harry Potter And The Philosopher's Stone.

Mantan pemain Everton itu mengatakan bahwa serial Harry Potter merupakan salah satu favoritnya, dan novel salah satu yang dibaca oleh Rooney sudah dijadikan film, novel yang dijadikan film itu merupakan novel paling laris di dunia.

Wayne Rooney mengatakan "Harry Potter adalah buku favorit hampir setiap anak dan hal yang sama berlaku untuk banyak orang dewasa juga, J.K Rowling adalah penulis yang fantastis dan saya akan mendorong setiap anak untuk membaca buku Harry Potter, mereka penuh dengan kegembiraan dan petualangan,  mereka benar-benar mengerti imajinasi anda"

2. Kebiasaan Menentang Kebijakan

Wayne Rooney saat di MU berduel dengan Aguero

Photo :
  • Manchester Evening

Wayne Rooney pernah diskors dari sekolahnya selama dua hari, karena menghancurkan fasilitas sekolah dengan membuat lubang di dinding lab sain, ini terjadi karena salah satu guru mencoba mengambil bola dari Rooney dengan tujuan untuk membuat ia marah.

Sikap hal ini pun dibawa Wayne Rooney sampai ke dunia sepakbola, ketika masih muda dan membela Everton, Rooney pernah berselisih dengan asisten manajer Everton yaitu Alan Irvine.

Percakapan Alan Irvine kepada Rooney, "Bicaralah padaku seperti itu lagi dan kamu akan kembali ke tim yunior." Tanggapan Rooney adalah, "Tidak, saya tidak akan melakukannya."

3. Memiliki Tato

Wayne Rooney seusai menjalani pertandingan perpisahan melawan AS di Wembley.

Photo :
  • instagram.com/waynerooney/

Seperti pemain lainya, Wayne Rooney juga memiliki banyak tato, namun ada kisah yang menarik di balik tatonya. Rooney memiliki tato yang bertulisan "Just Enough Education To Perform" yang merupakan referensi yang jelas bahwa Rooney kurang mendapatkan pendidikan penuh, karena Rooney gagal melanjutkan pendidikannya ke universitas, selain tato itu Rooney juga memiliki tato yang bertulis "English And Proud, menariknya lagi tempat tato yang biasa Rooney kunjungi di rampok pada tahun 2016.

4. Digugat oleh David Moyes

Mantan Manajer MU, David Moyes (kiri)

Photo :
  • itv

Wayne Rooney yang sebelumnya pernah bermain untuk Everton dan dilatih oleh David Moyes, ketika Moyes menjadi pelatih Manchester United. Rooney pernah mengatakan dalam buku otobiografinya yang berjudul 'My Story So Far' dalam buku itu mengatakan bahwa Moyes adalah orang yang sangat sombong.

David Moyes telah menanyakan beberapa hal yang sensitif terhadap Rooney tentang kunjungannya ke salah satu lokalisasi, hal ini pun yang menyebabkan Rooney angkat koper dari Everton dan bergabung dengan Manchester United pada tahun 2004.

Hal ini pun mendapatkan respon yang mengejutkan dari David Moyes dan menggugat Rooney atas pencemaran nama baik, Moyes mengatakan bahwa dalam buku itu merupakan serangan pribadi, tidak hanya Rooney yang terjerat penulis Hunter Davis dan penerbit Harper Collins pun ikut terjerat dalam kasus ini.

Pada akhirnya pun Wayne Rooney menghapus paragraf dalam buku otobiografinya dan meminta maaf secara resmi atas tuduhan tersebut, kasus ini pun berakhir setelah Rooney menyetujui syarat yang diberikan oleh David Moyes dengan membayar denda sebesar 500.000 euro.

5. Penggila Makanan

Wayne Rooney dan istri, Coleen, datang ke pesta Natal MU

Photo :
  • Daily Mail

Selain pecinta sepakbola, Wayne Rooney juga merupakan penggila makanan, kebiasaan orang Inggris senang dengan makanan salad, sosis, kacang panggang dan suka minum sekaleng soda.

Rooney juga memiliki ritual sebelum pertandingan yaitu memakan Spaghetti Bolognese dengan sepotong fillet ayam. Makanan Cina merupakan salah satu favorit dari Rooney, hal ini pun tidak Rooney lewatkan ketika Manchester United sedang menjalani tour pramusimnya ke Cina.

Namun diungkapkan oleh sang istrinya "Mereka semua berpikir Rooney merupakan orang yang gemuk dan makan burger setiap hari, padahal dia tidak, dan saya tidak tahu dari mana mereka mendapatkannya." Makanan favoritnya adalah selada."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya