8 Tahun Beruntun, Arsenal Indonesia Supporters Donor Darah Nasional

Eddi Brokoli, Ketua Komite AIS Donor Darah Nasional
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Arsenal Indonesia Supporters (AIS) kembali menggelar kegiatan sosial donor darah berskala Nasional.

Mikel Arteta Berharap Lebih dari Kapten Arsenal

Kegiatan donor darah ini sebagai bagian dari HUT ke-19 AIS sekaligus sebagai bukti nyata dan manfaat positif komunitas bagi masyarakat dan kemanusiaan. 

Hebatnya, AIS Donor Darah Nasional ini sudah dimulai sejak 2015 dan rutin dilakukan setiap tahun.

Chelsea Bikin Mikel Arteta Terkesan

Tahun ini kegiatan bertajuk AIS Donor Darah Nasional VIII rencananya diselenggarakan pada 12 Juni 2022, serentak di 61 kota dari Aceh sampai Papua dengan target 4.000 peserta dan 3.000 kantong darah.

Saat pandemi COVID-19 melanda Indonesia, AIS Donor Darah Nasional tetap terlaksana berkat dukungan dan masukan dari Palang Merah Indonesia (PMI). 

Prediksi Pertandingan Premier League: Arsenal vs Chelsea

Eddi Brokoli selaku Ketua Komite AIS Donor Darah Nasional menuturkan bahwa Arsenal Indonesia Supporters adalah fans klub yang diakui oleh Arsenal FC.

"Kalau ada pecinta lain pecinta Arsenal ada banyak. Tapi yang diakui oleh Arsenal FC (London) adalah AIS. Dan setiap tahunnya sejak 2015 dalam rangka donor darah kami rutin melakukan acara ini yang skalanya nasional tetapi tidak berpusat di satu kota tertentu saja," tutur Eddi dalam konferensi pers di EIGER Radio Dalam, Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Eddi menuturkan pada tahun 2015 ada 27 kota, 2016 (49), 2017 (65), 2018 (72), 2019 (65), 2020 (49) dan 2021 (59 kota). Bahkan saat pandemi pun AIS tetap menyelenggarakan donor darah meski harus dengan beberapa penyesuaian. 

Salah satunya dengan memindahkan tempat pelaksanaan ke UDD PMI di masing-masing kota dan tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Hal yang menjadi pertimbangannya adalah kebutuhan akan kantong darah yang tetap tinggi, sedangkan ketersediaan kantong darah selama pandemi jauh menurun seiring berkurangnya jumlah pendonor.

Eddi menambahkan kegiatan donor darah ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat berbagi dan jiwa kemanusiaan demi memberi manfaat positif bagi masyarakat luas. Lebih lanjut, pria dengan nama lengkap Eddi Hidayatullah itu mengatakan bahwa kegiatan ini bersifat terbuka untuk umum.

"Saat ini dengan dilonggarkannya aturan terkait pandemi, harapan kami pada pendonor akan kembali meramaikan setiap kegiatan donor darah," ucap Eddi.

"Dan, kegiatan sosial AIS donor darah nasional ini bersifat terbuka untuk umum dan terselenggaranya berkat kerja sama yang terjalin baik dengan PMI serta dukungan penuh dari para mitra dan sponsor," tutur Eddi.

Sementara itu, Kepala Seksi Rekrutmen Donor Darah UDD PMI Pusat, dr. Rahadian Savitri Dewi, menuturkan sebenarnya dengan adanya kegiatan donor darah itu keuntungannya untuk diri sendiri dan untuk orang lain. 

Secara garis besar untuk pendonor sebetulnya dengan donor darah dia akan merangsang pembentukan sel darah baru dengan begitu maka akan membuat oksigenasi di tubuh menjadi lebih baik.

"Jadi akan menjadi lebih sshat dan lebih baik (pendonor). Sementara untuk orang lain akan membantu sesama," ujar Dian. 

Dian menambahkan saat ini kebutuhan darah di Indonesia mulai melonjak meskipun agak sedikit pelan-pelan naik. Tetapi masih tetap memenuhi permintaan di daerah. 

"Intinya sosialisasi mengenai donor darah terus digencarkan karena permintaan kantong darah tidak pernah berhenti." ucapnya.

Sementara itu, Unit Transfusi Darah Pusat PMI, Dokter DIan Savitri mengapresiasi Arsenal Indonesia Supporters yang rutin melakukan kegiatan donor darah. 

Menurut Dian, AIS adalah satu-satunya komunitas yang rutin melakukan kegiatan donor darah berskala nasional.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya