Cara Bima Sakti Didik Pemain Timnas Indonesia U-16 Tak Lupa Salat

Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16
Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16
Sumber :
  • www.instagram.com/pssi/

VIVA Bola – Rupanya ada rahasia kecil di balik sukses Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022. Coach Bima Sakti Tukiman selalu mengajarkan para pemain disiplin, termasuk soal ibadah.

Bima memiliki cara tersendiri agar para pemain yang beragama Islam tidak lupa menjalankan salat lima waktu. Ada hukuman untuk para pemain yang tidak salat dan juga terlambat salat alias masbuk.

"Kita membentuk tim ini bukan hanya sekadar main bolanya saja, ilmu sepakbolanya saja. Bahwasanya akhlak itu lebih penting, kemudian ilmu," kata Bima dikuti di Instagram @kajianmusawarah.

"Sebab itu, kita di sini mengajarkan kepada pemain disiplin terutama disiplin masalah ibadah. Gak salat aja denda Rp100 ribu, 100 ribu dendanya. Kemudian kalau masbuk itu Rp50 ribu. Kalo gak ke masjid sama sekali Rp100 ribu," lanjutnya.

Bima melanjutkan, denda dari pemain tersebut terkumpul sekian juta. Lalu disumbangkan ke panti asuhan.

Selain soal salat, Bima juga mengajarkan para pemain untuk menghafal Alquran. Kapten tim Iqbal Gwijangge sempat menyetor 22 surat.

"Alhamdulillah selama kita menjalankan ibadah bersama-sama, kita mengutamakan akhirat dulu. Iqbal kemaren 22 surat. Terima kasih sekali lagi kepada para pemain semuanya," ungkap Bima.