Asiana Cup 2022 Sukses Digelar, Tuan Rumah dan Espanyol Rebut Gelar Juara

Asana Cup 2022 telah rampung digelar. Asiana juara kategori U-11
Sumber :
  • Asana Cup 2022

VIVA Bola – Asiana Cup 2022 telah rampung digelar. Turnamen internasional usia dini ini dimenangkan oleh klub asal Spanyol yakni Espanyol di kategori U-12.

Demi Tugas Negara, Atlet Sepakbola dan Bulutangkis Indonesia Rela Lebaran di Negeri Orang

Adapun untuk juara U-11 diraih oleh klub asal Indonesia yakni Asiana Soccer School yang bertindak sebagai tuan rumah.

Asiana Cup mempertandingkan dua kategori U-11 dan U-12 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat, pada 24-27 November 2022.

5 Negara dengan Pertumbuhan Populasi Terendah di Dunia

Asiana Cup 2022 diikuti oleh tujuh negara yakni Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina, Australia, Spanyol, dan Korea Selatan.

Klub-klub luar negeri yang bertarung di Asiana Cup 2022 yakni RCD Espanyol (Spanyol), Victoria Melbourne (Australia), TFA Academy (Thailand), Makati (Filipina), Lion City Academy (Singapura), dan Kontingen Korea Selatan.

Indonesia Kembali Raih Gelar Juara di Turnamen Ramadan EA Sports FC Mobile Arab Saudi

Sementara klub-klub Indonesia yang ambil bagian dalam ajang ini yakni Farmel FC, Persib Junior, Bina Taruna, Serpong City, dan tim dari Medan.

Untuk U-11 diikuti oleh sembilan tim dan menggunakan sistem pertandingan 7 Vs 7. Sementara U-12 diikuti delapan tim dengan sistem pertandingan 11 Vs 11.

Presiden Direktur Asiana Soccer School, Galih Dimuntur Kartasasmita, mengaku bahagia Asiana Cup 2022 bisa berjalan sukses.

Ia mengucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada semua stakeholder, pemain, sponsor, media, medis, dan tim-tim yang ikut berpartisipasi dalam Asiana Cup 2022.

Galih menambahkan, Asiana Cup awalnya dimulai sejak 2016 dan hanya diikuti oleh tim-tim lokal.

Seiring berjalannya waktu, pihaknya mencoba berani dengan mengundang tim-tim luar negeri dan menyebut level turnamen Asiana Cup sudah internasional.

"Kami Asiana Soccer School akan kembali mengadakan setiap tahun event ini. Insya Allah tidak ada lagi gangguan-gangguan seperti Covid-19," kata Galih di Stadion Madya, Minggu (27/11/2022).

"Jadi kami bisa terus membanggakan nama Asiana Cup ini ke luar negeri dan sebaliknya kami bisa membuktikan bahwa Indonesia bisa membuat acara sekelas dunia," ucapnya menambahkan.

"Saya jujur sangat senang sekali turnamen ini berjalan dengan lancar tanpa ada masalah."

Galih juga mendengar bahwa klub-klub luar negeri sangat senang bisa ambil bagian di Asiana Cup 2022.

Bahkan, klub dari Thailand dan Korea Selatan menyebut Asiana Cup 2022 terbaik dari turnamen-turnamen sebelumnya yang mereka ikuti.

Format pertandingan di Asiana Cup 2022 tidak ada laga final. Asiana Cup 2022 melakukan format sistem bertemu alias kompetisi dengan tujuan setiap tim bisa saling bermain.

"Ketika saya bicara dengan manajer, pelatih, pemain, dan orang tuanya, mereka sangat bahagia. Malah tadi tim dari Thailand dan Korea Selatan menyebut ini salah satu turnamen terbaik tapi itu tidak tahu ya, saya insya Allah terima saja," ucap Galih.

"Jadi para tim yang bermain di Asiana Cup 2022 ini semuanya senang, semuanya bahagia, termasuk tim dari Indonesia kapan lagi bisa bertemu melawan klub dari Spanyol, Filipina, dan Thailand, jadi semuanya bahagia," lanjutnya.

Galih juga sudah mempunyai target ke depan untuk menggelar Asiana Cup 2022, salah satunya dengan mendatangkan klub-klub hebat dari luar negeri.

Tujuannya itu tentu saja untuk membuat Asiana Cup lebih besar lagi dan itu merupakan tantangan bagi Galih.

Dia juga ingin klub dari Spanyol mengirimkan dua tim di Asiana Cup tahun depan. Termasuk juga tim dari Jepang yang kabarnya ingin ikut berpartisipasi di Asiana Cup 2023.

Tidak hanya dari luar negeri, Galih ingin banyak tim asal Indonesia yang ikut berpartisipasi di Asiana Cup 2023.

"Saya dapat kabar kalau Jepang pasti ikut tahun depan. Dan insya Allah saya bisa membawa tim-tim besar lagi, doakan saja dan mungkin pesertanya bisa bertambah. Kalau sekarang ada 8 tim, mungkin tahun depan 10, jadi kami masih usahakan," ucap Galih.

Galih juga bersyukur Asiana Soccer School bisa menjadi juara kategori U-11. Padahal dari awal turnamen, ia mengaku jujur sudah pesimis karena klub asal Singapura, Lion City, sedang tampil on fire.

Untung saja Lion City kalah dua kali dari tim asal Indonesia, Persib Junior dan Serpong City. Hasil buruk itu membuat mental bertanding Asiana Soccer School meningkat hingga akhirnya keluar sebagai juara U-11.

"Saya bahagia sekal menang di kandang sendiri itu tentu sangat senang," kata Galih.

Sebelum turnamen digelar, Galih memang ingin memperkenalkan Indonesia ke luar negeri.

Dengan selesainya Asiana Cup 2022 ini, Galih berharap nama Asiana Cup semakin bersinar sehingga membuat klub-klub luar negeri tertarik berpartisipasi di turnamen itu.

"Intinya feedback yang saya dapatkan dari mereka sangat bahagia dan intinya nama Asiana Cup ini sudah tersebar di Eropa dan Asia."

"Contoh tim Espanyol kan memang tidak terkalahkan tapi ada satu gol kemasukan yang mereka rasakan dan itu dicetak oleh tim dari Indonesia. Bagi saya ini sudah menjadi suatu yang sukses," ucap Galih.

"Itu awal mula dari sesuatu yang kecil tapi bisa menjamur, makanya semoga ada orang lain di Indonesia yang bisa membuat hal ini agar menjamur nama Asiana Cup," tutupnya.

Daftar Penghargaan Asiana Cup 2022
 

Top Skorer
U-11 : 11 gol Aufa Basyar Bin Sutrisno (Lion City Sailors)
U-12 : 7 gol Torondel Garcia (Espanyol)
 
Fairplay
U-11: Lion City Sailors
U-12: Melbourne Victory
 
Juara U-11
1. Asiana Soccer School (Juara 1)
2. Lion City Sailors (Peringkat 2)
3. Medan Agency Sportindo (Peringkat 3)
 
Juara U-12
1. Espanyol(Juara 1)
2. Asiana Soccer School (Peringkat 2)
3. Lion City Sailors (Peringkat 3)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya