5 Fakta Unik Rosario, Kota Kelahiran Pemain Top Argentina Lionel Messi

Kota rosario
Sumber :
  • Istimewa

VIVA BolaTimnas Argentina menjadi juara di Piala Dunia 2022, mereka menang setelah mengalahkan Prancis di babak adu pinalti. Bicara soal Argentina tentu sulit dilepas dari peran pemain kelahiran Rosario, Sante Fe itu.

Remaja Tikam 2 Pendeta Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Terorisme

Rosario merupakan kota terbesar di Argentina yang terletak di Provinsi Santa Fe. Kota yang terletak sekitar 300 mil dari ibu kota Argentina, Buenos Aires ini merupakan kota terpadat ketiga di negara itu.

Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi mencium trofi Piala Dunia 2022.

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner
Detik-detik Bharada Richard Eliezer Pindah Agama Jelang Menikah dengan Ling Ling

Apa yang menarik di kota ini? Di Kota Rosario kamuu bisa melihat arsitektur klasikal, seperti Art Nouveau dan arsitektur Art Deco, yang telah dipertahankan selama berabad-abad di tempat tinggal warga, dan juga bangunan umum.

Dari semua hal unik yang ada di Rosario, kota yang berlokasi di tepi barat Sungai Paraná ini jauh lebih dikenal sebagai kota penghasil pemain sepak bola bertalenta besar, termasuk Lionel Messi. Berikut 5  fakta menarik tentang Rosario.

Uskup Sydney yang Ditikam Maafkan Penyerangnya: Saya Selalu Mendoakanmu

1. Gereja Nuestra Senora del Rosario

Gereja Nuestra Senora

Photo :
  • Istimewa

Pada tahun 1689, Luis Romero de Pineda, seorang prajurit kolonial, membangun sebuah vila di Rosario, kemudian mengumpulkan para pemukim dan pekerja dari Santa Fe untuk mendirikan distrik pedesaan di daerah tersebut.

Distrik yang disebut sebagai Los Arroyos itu berkembang di wilayah tersebut, hingga tahun 1725, situs vila yang dibangun Romero de Pineda berubah nama menjadi Rosario. Pembangunan berlanjut pada tahun 1731, di mana Gereja Nuestra Señora del Rosario atau Gereja 'Bunda Rosario' didirikan dan menjadi pusat perkembangan awal kota.

2. Tempat Lahirnya Bendera Argentina

Suporter Argentina di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Jorge Saenz

Meski sudah berdiri sejak tahun 1689, Rosario tak pernah mengibarkan bendera Argentina, hingga tahun 1812. Hal ini karena Rosario mendukung Revolusi Mei tahun 1810.

Peristiwa yang terjadi dari tanggal 18 hingga 25 Mei tersebut berlangsung di Buenos Aires, yang saat itu menjadi ibu kota Viceroyalty Río de la Plata. Dalam peristiwa tersebut, terbentuklah pemerintahan lokal, Primera Junta (Junta Pertama), pada tanggal 25 Mei. Junta ini pada akhirnya akan menjadi negara Argentina.

Baru pada tanggal 27 Februari 1812, Jenderal Manuel Belgrano mengibarkan bendera Argentina untuk pertama kalinya di tepi Paraná. Pengibaran bendera tersebut membuat Rosario disebut sebagai ‘Cradle of the Argentine Flag’ atau tempat lahirnya bendera Argentina.

Kota rosario

Photo :
  • Istimewa

Tidak hanya dikenal dengan pelabuhannya yang menjadi pusat utama pengiriman barang Argentina, Rosario yang merupakan kota terbesar ketiga di Argentina juga menjadi pusat kebudayaan.

Kota yang pertama kali dihuni pada tahun 1720, belum dianggap sah oleh Spanyol hingga tahun 1816. Selama itu, kota ini menjadi lumpuh dan tidak berkembang. Sebagai penghargaan atas perjuangan kemerdekaan, dibangun Parque de la Independencia dan Monumento Nacional a la Bandera.

Monumen Nacional a la Bandera memiliki tinggi sekitar 78 meter dan menggambarkan sebuah kapal besar, berlayar menuju masa depan dan menandai makam Manuel Belgrano, orang yang pertama kali merancang bendera Argentina.

Rosario juga sangat populer dengan museum, khususnya Museo Municipal de Bellas Artes Juan B. Castagnino yang mengoleksi karya seni Eropa dan Argentina yang luar biasa.

4. Punya Julukan Unik

Kota rosario

Photo :
  • Istimewa

Rosario adalah salah satu dari sedikit kota di Argentina yang tidak dapat menunjuk seseorang sebagai pendirinya. Kota tersebut dinamai sama dengan nama akhir ‘Pelindung Kota’ yaitu Virgin of the Rosary atau disebut juga Our Lady of the Rosary.

Gambar Perawan Rosario tetap ada di katedral, di tempat yang sama dengan aslinya. Setiap tanggal 7 Oktober Gereja Katolik Roma mengadakan pesta tahunan ‘Bunda Rosario’.

Pesta tersebut digelar untuk menghormati kemenangan Angkatan Laut abad ke-16 yang berhasil mengamankan Eropa dari invasi Turki.

5. Lahirkan Banyak Pesepakbola Andal

Lionel Messi antar Timnas Argentina juara Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

Selain pemain legendaris Lionel Messi, Rosario juga menjadi tempat kelahiran beberapa pemain sepak bola terkenal lainnya, seperti Angel Di Maria dari Paris Saint Germain, yang kerap mengungkapkan rasa cintanya pada Rosario.

Selain itu, ada juga Ever Banega, Cristian Ansaldi, Giovan lo Celso, Mauro Icardi dari Inter Milan dan mantan gelandang Argentina, Maxi Rodriguez.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya