Konser Amal Salam Satu Jiwa untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Kandang Arema, Stadion Kanjuruhan
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Tragedi Kanjuruhan menjadi catatan kelam sepakbola Indonesia. Tercatat, 135 nyawa melayang akibat kerusuhan dalam laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya itu.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Mayoritas korban berasal dari suporter. Mereka gugur karena berbagai penyebabnya, mulai dari berdesak-desakan, terinjak-injak karena panik akibat gas air mata yang ditembakan aparat.

1 Oktober 2022 telah menjadi kenangan pahit yang akan dikenang oleh seluruh pecinta sepakbola di negeri ini.

PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik

Tragedi Kanjuruhan sempat menghentikan sepakbola Indonesia lebih dari dua bulan. Beberapa orang juga telah ditetapkan menjadi tersangka.

Kini, kompetisi sudah kembali begulir. Namun luka dan kesedihan masih tetap tinggal di hati para keluarga korban.

Sosok Ernando Ari 'Tembok Kokoh' Timnas Indonesia, Bikin Australia Gigit Jari

Oleh karenanya, untuk memberi dukungan moril kepada keluarga korban, rencananya akan digelar  konser amal di Gladiator Arena Bekasi.

Kegiatan ini untuk mengumpulkan dana yang akan disalurkan ke 135 keluarga korban meninggal Tragedi Kanjuruhan. 

Fendy Mugni, CEO Renjana Productions mengatakan konser ini sebagai bentuk empati dan solidaritas kepada sesama warga Indonesia.

"Renjana Production bekerja sama dengan berbagai pihak menggalang dana untuk korban tragedi melalui Doa Bersama dan Konser Amal bertajuk Salam Satu Jiwa. Semoga pengumpulan donasi ini dapat sedikit meringankan beban keluarga korban yang ditinggalkan," kata Fendy.

Deretan musisi ikut berkontribusi untuk menggalang dana, di antaranya band GIGI, KOTAK, TIPE-X, Jamrud, Reza Artamevia, Edane, Elpamas, Malang Collaboration (Elpamas feat. Anto Baret, Ian Antono, Abadi Soesman, Syaharani), serta The Prasetyo Squad. 

Penggalangan dana akan dilakukan melalui layanan telepon langsung selama acara berlangsung, di mana donatur dapat menyebutkan nominal donasi. 

Selain itu, penggalangan dana dibuka untuk para sponsor dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) mereka. Acara ini juga bekerja sama dengan BRI, BNI, Telkom Indonesia, dan Bank Mandiri.

Penonton dapat mengikuti acara dengan mendaftarkan diri secara online melalui Tiket.com dan secara offline di lokasi acara, yaitu Gladiator Arena, dengan kuota penonton yang terbatas.

UMKM yang berdagang di area juga akan mendonasikan sebagian dari keuntungan penjualan mereka, yang mana seluruh dana terkumpul akan diakumulasikan sebagai donasi. Simbolis penggalangan dana akan diberikan dan diwakilkan oleh Ketua Sekber Aremania, Anto Baret.

"Semoga penggalangan dana ini dapat sedikit membantu keluarga korban dengan donasi yang dikumpulkan dari seluruh pihak, walaupun ini tidak seberapa dan tidak dapat menghilangkan rasa duka dari para keluarga korban," tambah Fendy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya