Mantan Bintang Tenis Ini Kekayaannya 3 Kali Lipat dari Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo di Riyadh, Arab Saudi.
Sumber :
  • AP Photo

VIVA Bola - Publik mungkin berpikir bahwa kontrak baru Cristiano Ronaldo senilai £410 juta (Rp7,5 triliun) di klub Arab Saudi Al-Nassr akan cukup untuk menjadikannya atlet terkaya sepanjang masa. Namun, kekayaan Ronaldo masih kalah jauh dari seorang mantan bintang tenis ini.

Terpopuler: Shin Tae-yong Dipanggil Haji Lulung, Suporter Liverpool Protes

Seperti dilansir SportBible, Selasa 17 Januari 2023, sosok yang dimaksud adalah Ion Tiriac, yang meskipun pensiun dari tenis profesional pada tahun 1979, telah mengumpulkan kekayaan pribadi sebesar £1,2 miliar (Rp22 triliun). 

Dia memang bukan atlet papan atas. Dia belum mulai menghasilkan banyak uang sampai setelah kariernya berakhir. Dia hanya menghasilkan sekitar £200 ribu (Rp3,6 miliar) dari tenis, dengan prestasi terbaiknya adalah tampil di semifinal Wimbledon pada tahun 1970-an.

Cristiano Ronaldo Ucapkan Selamat Idul Fitri Kepada Umat Islam di Dunia

Namun saat pensiun, mantan petenis Rumania itu kemudian melakukan serangkaian investasi cerdas di kemudian hari. Begitu mengesankannya investasi itu dalam hal keuntungan, sehingga dia sekarang memiliki kekayaan pribadi yang lebih dari gabungan kekayaan Ronaldo dan LeBron James.

Pria berusia 83 tahun itu menghasilkan uang melalui Tiriac Group yang berinvestasi di real estat, layanan keuangan, dan sejumlah bisnis lainnya. Sesuai Forbes, keberhasilan usaha ini membuatnya menjadi miliarder resmi pertama Rumania pada tahun 2007, yang memungkinkannya mengkoleksi 400 jenis mobil dan sepeda mewah.

Cristiano Ronaldo Kartu Merah, Al Nassr Dibekuk Al Hilal

Sebagai perbandingan, Ronaldo diperkirakan memiliki kekayaan bersih sekitar £400 juta (Rp7,3 triliun) pada tahun 2022, yang berarti, bahkan dengan kesepakatan barunya dengan Al Nassr, dia masih belum mencapai status miliarder.

Mantan petenis dunia yang kini menjadi miliarder, Ion Tiriac (kiri)

Photo :
  • Sport Bible

Kesepakatan Ronaldo saat ini dengan klub Arab Saudi berlangsung selama dua setengah tahun, dan akan membuatnya menghasilkan £175 juta (Rp3,2 triliun) pertahun menurut Standard. Jika angka itu tidak cukup menarik, kira-kira sama dengan £3,6 juta (Rp66 miliar) perpekan.

Selain itu, gajinya di Al-Nassr bahkan tidak memperhitungkan aliran pendapatan lain, karena pemain internasional Portugal itu juga menghasilkan uang dari kesepakatan sebelumnya dengan Armani, Unilevel, Nike, Herbaife, dan DAZN.

Tepat sebelum bergabung dengan klub barunya, Ronaldo dinyatakan sebagai atlet dengan bayaran tertinggi ketiga pada tahun 2022, hanya di belakang Lionel Messi dan LeBron James. Namun, daftar itu akan terlihat sangat berbeda dalam waktu satu tahun berkat keputusannya bergabung ke Al Nassr.

Bisakah Ronaldo suatu hari menjadi pesepakbola miliarder pertama? Waktu pada akhirnya yang akan menjawab. Tetapi yang pasti dia saat ini sudah berada di jalur yang benar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya