Blak-blakan! Pesepakbola Internasional Jakub Jankto Ngaku Gay

Jakub Jankto
Sumber :
  • Twitter @jakubjanktojr

VIVA Bola – Pemain sepakbola Internasional Republik Ceko, Jakub Jankto menggemparkan dunia maya. Ia secara blak-balakan mengaku dirinya seorang gay atau homoseksual.

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

Gelandang Getafe berusia 27 tahun yang saat ini dipinjamkan ke Sparta Praha itu mengumumkannya melalui video di media sosial, Senin 13 Februari 2023.

“Seperti orang lain, saya punya kekuatan, saya punya kelemahan, saya punya keluarga, saya punya teman. Saya punya pekerjaan yang saya lakukan sebaik mungkin selama bertahun-tahun, dengan keseriusan, profesionalisme dan semangat,” ujarnya.

Terungkap 3 Alasan Iran dan Arab Saudi Saling Bermusuhan, Isu Agama Paling Kuat

Jakub Jankto

Photo :
  • Twitter @jakubjanktojr

Bintang sepak bola itu memberi tahu penggemarnya bahwa dirinya ingin menjalani hidup yang bebas. Ia tak sanggup lagi menutupi apa yang dirasa saat ini. Jakub Jankto ngaku homoseksual.

Film 13 Bom Raih Penghargaan Internasional, Sutradara Angga Sasongko Bangga

"Seperti orang lain. Saya juga ingin menjalani hidup saya dalam kebebasan, tanpa rasa takut, tanpa prasangka, tanpa kekerasan, tetapi dengan cinta. Saya homoseksual dan saya tidak lagi ingin menyembunyikan diri,” pungkasnya.

Video diakhiri, dia mengatakan pernyataan itu bukan untuk hiburan melainkan untuk menyemangati orang lain.

“Ini bukan hiburan. Tujuan video ini adalah untuk menyemangati orang lain,” terangnya.

Di bagian komentar, ia mendapat dukungan dari sesama atlet. Seperti Adam Karabec, Barbora Votikova, Albania Qazim Laci, dan lainnya.

Jakub Jankto

Photo :
  • olympics

Pemain Getafe itu adalah satu dari sedikit pesepakbola pria yang tampil sebagai gay dalam beberapa tahun terakhir. Josh Cavallo, yang bermain untuk tim Australia Adelaide United, keluar pada 2021 untuk kemudian menjadi satu-satunya profesional di dunia yang mengungkapkan bahwa dia gay.

Jake Daniels dari Blackpool FC kemudian menjadi satu-satunya pemain homoseksual aktif di Inggris ketika dia bergerak untuk membantu mengatasi homofobia dalam olahraga tahun lalu. 

Beberapa juga keluar setelah karir mereka berakhir, seperti mantan pemain Aston Villa Thomas Hitzlsperger dan mantan bintang muda Hull City Thomas Beattie. Jakub Jankto menjadi pesepakbola LaLiga pertama yang tampil sebagai gay.

Baca berita Soccertainment setiap harinya di VIVA.co.id

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya