Drawing Piala Dunia U-20 Batal, Medsos MUI Dihujat Netizen Sepakbola Nasional

Piala Dunia U-20.
Sumber :
  • Kemenpora.

VIVA Bola – Drawing Piala Dunia U-20 yang dijadwalkan berlangsung pada 31 Maret 2023 telah dibatalkan FIFA. Sejauh ini, FIFA memang belum memberikan keterangan resmi perihal alasan membatalkan agenda tersebut.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Namun, dugaan kuat pembatalan itu lantaran adanya penolakan kehadiran timnas U-20 Israel di Indonesia. 

Tak cuma ormas dan partai politik, dua gubernur (Ganjar Pranowo dan I Wayan Koster) yang menjadi lokasi penyelenggaraan telah menyatakan tidak mau menerima Israel.

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

Kemudian, Majelis Ulama Indonesia baru-baru ini juga menyatakan bahwa umat Islam meH nolak kedatangan Timnas Israel ke Indonesia. Hal itu berdasarkan pertemuan bersama sejumlah organisasi Islam dan lembaga masyarakat, 21 Maret lalu.

Pernyataan itu membuat netizen pecinta sepakbola nasional bereaksi. Mereka ramai-ramai 'bersilahturahmi' ke akun media sosial MUI.

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Netizen rata-rata protes dengan pernyataan MUI yang dinilai mencampuradukan antara sepakbola dan isu agama serta politik.

"Kalau mau nolak langsung menghadap ke Presiden FIFA saja, jangan malah mengadu domba sama manipulasi rakyat sendiri," tulis akun Luthfihabibi26.

"Punten min, bilangin ke atasan. Israel datang ke Indonesia cuma main bola, jangan kaitkan dengan apapun. Siap jadi tuan rumah Piala Dunia harus siap menerima semua peseta, aneh," sambung lainnya.

Di sisi lain, Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga mengungkapkan, status Indonesia sebagai tuan rumah tak bisa diprediksi. Sebab, FIFA belum lagi bersurat pasca mengumumkan pembatalan drawing.

“Kemudian mengenai kapan waktu drawing dan di mana, kami belum dapat informasi dari FIFA. Saat ini kami sedang memikirkan cara bagaimana indonesia, khususnya sepak bola, tidak dikucilkan," katanya. 

Arya menyebut Ketua Umum PSSI yang juga Ketua LOC, Erick Thohir, tengah melakukan konsolidasi dengan pemerintah.

“Pak Erick Thohir sedang koordinasi dengan Kemenlu sebagai penanggung jawab diplomasi dan Kemenpora yang berpayung menjadi INAFOC sebagai penyelenggara event. Demikian juga beliau akan melaporkan ke Presiden RI Joko Widodo. Proses-proses ini dan mencari solusi yang terbaik untuk menyelamatkan sepak bola indonesia yang kita cintai." 

“Kita belum berani berbicara persentase karena dengan dibatalkannya drawing ini kemunduran atau sebagainya. Penetapan grup sudah berubah. Kita tidak tahu bagaimana kondisi terkini. Pastinya, Pak Erick akan lakukan diplomasi pendekatan ke FIFA," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya