12 Daftar Maskot Piala Eropa, Mana Favoritmu?

Maskot Piala Eropa 2024, Albaert
Sumber :
  • AP Photo/Markus Schreiber, File

JERMAN –  Maskot Euro 2024 resmi diberi nama Albaert. Nama tersebut dipilih melalui pemungutan suara yang dilakukan di antara pengguna UEFA.com dan anak-anak sekolah di seluruh Eropa, melalui program UEFA Football in Schools.

Riccardo Calafiori Sudah Siap Terbang ke London

Piala Eropa pertama kali digelar pada 1960. Namun, bicara soal maskot turnamen empat tahunan ini, ternyata baru muncul di edisi 1980. Maskot-maskot tersebut sebagian besar ditujukan untuk anak-anak, dengan acara kartun dan merchandise lainnya dirilis bertepatan dengan kompetisi.

Berikut daftar seluruh maskot Euro sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980:

Pelatih Timor Leste Jagokan Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-19

Italia 1980- Pinokio

Maskot pertama, Pinokio, adalah salah satu buku paling populer di dunia pada saat turnamen diadakan. Ia mengenakan warna bendera nasional Italia dan topi putih berhiaskan EUROPA 80.

Bappenas Cari Maskot untuk Promosi hingga Branding Indonesia

Prancis 1984- Peno

Maskotnya adalah seekor ayam jantan putih (ayam jantan muda) bernama Peno, bahasa gaul Perancis untuk penalti. Ini adalah simbol nasional tradisional Perancis dan dikenakan dalam seragam negara tuan rumah.

Jerman Barat 1988- Berni

Berni si kelinci adalah maskot tahun 1988 yang mengenakan perlengkapan sepak bola dengan warna bendera nasional Jerman. Namanya diambil dari kota Berne - bekas lokasi markas UEFA dan tempat Jerman mengangkat Piala Dunia FIFA 1954.

Swedia 1992- Rabbit

Maskot tahun 1992 juga berupa kelinci, kali ini dalam warna nasional Swedia dan diberi nama kelinci.

Inggris 1996 - Golliath

Goaliath mirip dengan maskot asli Piala Dunia 1966 bernama World Cup Willie. Itu adalah seekor singa yang mengenakan seragam Inggris, mengenakan jersey putih dan biru tua yang elegan, mengakhiri pelarian kelinci.

Belanda/Belgia 2000- Benelucky

Benelucky adalah kombinasi dari 'Benelux' - sebutan untuk tiga negara Belgia, Belanda dan Luksemburg - dan 'lucky' untuk keberuntungan. Setengah setan, setengah singa memiliki surai warna-warni yang menggabungkan warna bendera nasional Belgia dan Belanda.

Portugal 2004- Kinas

Maskot EURO 2004 adalah seorang anak laki-laki dengan kekuatan khusus yang paling baik ditunjukkan melalui kejenakaan garis tengah. Mengenakan seragam tim Portugal, nama maskot tersebut diambil dari lima perisai biru – atau Aquinas – di lambang Portugal.

Austria/Swiss 2008- Trix dan Flix

Maskotnya adalah kembar yang mewakili dua negara tuan rumah, Austria dan Swiss, dan memiliki soundtrack resmi – Shaggy's Feel the Rush. Dinamakan Trix dan Flix, mereka mengenakan seragam sepak bola berwarna merah putih - warna bendera nasional Austria dan Swiss.

Polandia/Ukraina 2012- Slavek dan Slavko

Si kembar maskot, Slavek dan Slavko, mewakili negara tuan rumah, Polandia dan Ukraina. Sementara yang satu memakai warna putih dan merah, warna bendera Polandia, yang lain memakai warna kuning dan biru dari bendera Ukraina.

Prancis 2016- Super Victor

Super Victor, Maskot Piala Eropa 2016.

Photo :
  • UEFA.com

Super Victor adalah seorang anak yang mengenakan seragam tim nasional sepak bola Prancis, dengan jubah merah di bagian belakang untuk melambangkan bendera Prancis. Jubah, sepatu bot, dan bola diklaim sebagai kekuatan super sang anak, yang juga bisa terbang dari satu kota tuan rumah ke kota tuan rumah lainnya.

Euro 2020- Skill

Freestyler Skillzy terpilih untuk peran EURO 2020 melalui kontes bakat tingkat Eropa. Dia adalah karakter yang terinspirasi oleh sepak bola gaya bebas, sepak bola jalanan, dan budaya panna, serta melakukan trik dan jentikan saat mengambil bola.

Jerman 2024- Albaert

Boneka beruang bernama Albaert, konon memberi penghormatan kepada boneka beruang tersebut, yang konon berasal dari Jerman pada awal abad ke-20. Maskot berkepala besar bermata besar ini memiliki jersey sepak bola, kaus kaki, dan sepatu bot.

Setiap maskot biasanya mencerminkan budaya atau simbol nasional negara tuan rumah serta bertujuan untuk menghibur dan memeriahkan suasana turnamen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya