Johan Cruyff Diabadikan Jadi Nama Asteroid

Johan Cruyff
Johan Cruyff
Sumber :
  • bbc

VIVAnews - Menurut laporan Voetbal International, sebuah asteroid telah dinamai legenda Belanda dan Barcelona, Johan Cruyff. Sebelumnya, asteroid ini hanya diberi ilustrasi nama '14282'.

'Cruijff' punya diameter sekitar 9 kilometer. Asteroid ini butuh waktu 5 tahun, 3 bulan dan 18 hari untuk mengitari matahari.

Asteroid ini sebenarnya ditemukan oleh pasangan astrolog Belanda pada 1960. Jurnalis science, Carl Koppeschaar memulai petisi agar menamakan asteroid itu dengan Johan Cruyff. Dan ide Koppeschaar akhirnya diterima.

Cruyff (63 tahun) bukan pesepakbola pertama yang namanya dibadikan untuk asteroid. Josef 'Pepi' Bican dan Ferenc Puskas juga telah diabadikan menjadi nama asteroid.

Asteroid merupakan planet berbatu yang kecil. Ukurannya 1 km lebih, yang terbesar 700 km. Terdapat beribu-ribu Asteroid dalam sistem tata surya.

Sebagian besar ditemukan di daerah khusus asteroid antara planet mars dan planet yupiter. Banyak diantara asteroid yang sudah dinamakan oleh para ilmuwan dengan nama para ilmuwan yang menemukannya sendiri.