Wasit China Mengaku Atur Skor Pertandingan MU

Wayne Rooney (tengah) perkuat Manchester United vs Shenzhen FC pada 2007
Sumber :
  • telegraph

VIVAnews - Salah satu wasit terkenal China mengaku di pengadilan telah mengatur skor beberapa pertandingan di Liga China pada 2005-2009. Ia juga mengatur dua pertandingan uji coba internasional, salah satunya melibatkan Manchester United.

Menurut Guardian, Huang Junjie yang pernah masuk dalam daftar kandidat wasit terbaik China pada 2009, mengaku telah menerima sejumlah uang untuk mengatur pertandingan pada era itu yakni antara klub Australia, Sydney FC dan Shanghai Shenhua. Juga termasuk laga MU saat menang telak 6-0 dalam laga ujicoba pramusim melawan Shenzhen FC pada 2007.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Pengaturan pertandingan atau pun skor kali ini dilakukan tanpa sepengetahuan klub yang bermain. Biasanya, pihak yang bermain melakukannya untuk bandar judi.

Menurut kantor berita China, Xinhua, Huang mengaku telah menerima lebih dari £160.000 dari rekannya Zhou Weixin. Huang diminta untuk mengatur jalannya pertandingan maupun skor. Zhou kini juga sedang menghadapi tuduhan suap kepada para pegawai.

Pengadilan China memang sedang memproses kasus suap di sepakbola sejak Senin 19 Desember 2011. Mantan kepala Liga Super China, Zhang Jianqiang dituduh juga telah menerima suap £260.000.

Wasit lainnya, Lu Jun juga akan maju ke pengadilan, hari ini, Rabu 21 Desember 2011. Sedangkan 20 perangkat pertandingan sepakbola China lainnya juga akan dihadirkan di pengadilan.

Korupsi memang marak di sepakbola China belakangan ini, terutama di Liga Super. Bahkan, para petinggi Asosiasi Sepakbola China (Chinese Football Association/CFA) juga terlibat. Mereka sering membayar tim atau wasit. Beberapa pemain juga membayar para pejabat CFA agar bisa masuk tim nasional China.

Akibatnya, beberapa sponsor membatalkan kontrak. Bahkan, jaringan televisi lokal CCTV menolak untuk menayangkan Liga Super China. Semua hal ini disinyalir sebagai penyebab utama kemunduran prestasi tim nasional China dalam beberapa tahun terakhir.

Manajer Manchester United, Jose Mourinho

Rekor Buruk Mourinho di MU

Dari dua manajer sebelumnya, Mourinho memiliki rekor terburuk.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016