5 Pesepakbola Dunia yang Pernah Jadi Tentara

Legenda Manchester United, Sir Bobby Charlton
Sumber :
  • Zimbio.com

VIVA.co.id – Siapa bilang tak ada tentara yang handal bermain sepakbola? Jika di Indonesia ada Manhatti Lestusen, Pandi Lestaluhu, atau Abduh Lestaluhu, yang merupakan anggota TNI, ternyata ada sederet nama legenda sepakbola dunia yang juga pernah menjadi tentara.

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Kebanyakan dari nama-nama pesepakbola yang pernah mengabdikan diri dalam dunia militer, adalah pemain yang hidup di masa Perang Dunia II. 

Dari beberapa nama, tersebutlah dua legenda sepakbola dunia semisal, Sir Bobby Charlton dari Inggris, dan Raymond Kopa legenda hidup sepakbola Prancis.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Di masa Perang Dunia II, stabilitas dunia memang terganggu. Banyak negara yang terlibat dalam perang yang dimulai tahun 1939 hingga 1945 ini.

Patriotisme untuk membela negara saat itu, bukan hanya pada olahraga. Tapi, para pemain ini diwajibkan untuk ikut bertempur di medan perang sebagai bentuk bakti kepada tanah airnya.

Mimpi Buruk Manchester United, Pemain Ini Cedera saat Perkuat Timnas Inggris

Dilansir Sportskeeda, ada lima nama legenda sepakbola yang pernah mengabdikan dirinya sebagai tentara.

Sir Stanley Matthews (Inggris/Stoke City)

Image result for stanley matthews

Bagi para suporter Stoke City, nama Stanley Matthews adalah seorang legenda. Punya 355 caps bersama The Potters, Matthews pernah mengantar Stoke juara Piala FA tahun 1953. Matthews juga pernah memperkuat Royal Air Force (Angkatan Udara Inggris) selama Perang Dunia II.

Ted Drake (Inggris/Arsenal)

Image result for ted drake

Dua kali mengantar The Gunners juara Liga Inggris, musim 1934/1935 dan 1937/1938, nama Drake dikenal sebagai salah satu legenda Arsenal. Drake juga pernah memperkuat Royal Air Force di masa Perang Dunia II. Selama masa perang, ia absen membela Arsenal dan melanjutkannya usai perang berakhir.

Stan Mortensen (Inggris/Blackpool)

Image result for stan mortensen

Nama Mortensen pernah mencuat saat membawa Blackpool juara Piala FA tahun 1953. Ia juga jadi salah satu pesepakbola yang juga pernah bergabung dengan Royal Air Force di masa Perang Dunia II. Mortensen bahkan sempat mengalami cedera serius, saat pesawat pembom yang ditumpanginya jatuh.

Raymond Kopa (Prancis/Stade Reims/Real Madrid)

Image result for raymond kopa

Raymond Kopa pernah membawa Stade Reims juara Liga Prancis di tahun 1953, 1955, dan 1960, dan 1962. Setelah hijrah ke Real Madrid tahun 1956, Kopa ikut merengkuh tiga gelar Piala Champions secara beruntun, tahun 1957, 1958, dan 1959. Kopa juga pernah bergabung bersama Armee de Terre (Tentara Prancis) di masa Perang Dunia II.

Sir Bobby Charlton (Inggris/Manchester United)

Image result for sir bobby charlton 1966

Charlton merupakan legenda hidup Manchester United yang paling terkenal. Bagaimana tidak, Charlton pernah membawa MU tiga juara Liga Inggris (sekarang Premier League) dan satu gelar Piala Champions (sekarang Liga Champions). Charlton pernah bergabung bersama Royal Army (tentara Inggris) di masa Perang Dunia II.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya