Wawancara Miroslav Klose: Prediksi PD Rusia & Rekor Patah

Bomber Jerman, Miroslav Klose
Sumber :
  • REUTERS/David Gray

VIVA – Miroslav Klose. Namanya selalu membetot perhatian sejak Piala Dunia 2002. Puncaknya pada 2014, penyerang Timnas Jerman ini menyegel rekor top scorer Piala Dunia sepanjang masa.

Piala Dunia 2014 menjadi sangat istimewa baginya. Jerman menjadi juara Piala Dunia dan dia mencetak gol ke-16 yang mengamankan posisi sebagai top scorer sejak Piala Dunia bergulir.

Klose gantung sepatu pada 2016 setelah mencatatkan 137 caps internasional, dengan 24 di antaranya di Piala Dunia. Klose menyumbangkan 71 gol serta berkontribusi atas sejumlah piala yang diraih Der Panzer.

Akhir Kisah Raphael Varane dengan Timnas Prancis, Mimpi Jadi Kenyataan

Klose memang tak akan tampil lagi di Piala Dunia sebagai pemain. Tapi, dia masih akan mewarnai Piala Dunia 2018 dari kursi kepelatihan. 

Pengalaman dan skill semasa menjadi bintang diharapkan bisa memberi polesan memadai untuk penyerang muda Jerman yang masuk skuat Piala Dunia 2018 di Rusia.

Raphael Varane Pensiun dari Timnas Prancis

Miroslav Klose bicara panjang mengenai pengalaman, rekor, dan tentu saja Piala Dunia 2018 sebagaimana dilansir situs resmi FIFA. Berikut ini petikan wawancaranya:

Anda bermain di empat Piala Dunia di empat benua berbeda. Tak ada orang lain yang bisa menggambarkan lebih baik rasanya ambil bagian dalam kompetisi ini sebagai pemain?

Pamer Foto Ini di Instagram, Paul Pogba Banjir Hujatan dari Fans Juventus

Piala Dunia selalu menjadi sesuatu yang spesial dan tak bisa dideskripsikan dengan sederhana --dan mendapatkan sesuatu di tanganmu pada akhir kompetisi pasti sesuatu yang luar biasa. Itulah kenapa saya sangat senang kami menjadi juara pada 2014. Karena kami nyaris terus menjadi juara. Terakhir kami masuk final pada 2002 dan kalah dua kali (2006, 2010) di semifinal.

Jerman selalu dikenal dan ditakuti sebagai tim spesialis turnamen. Apakah itu hanya klise atau ada benarnya?

Kami selalu mengatur agar tampil sebagai tim kuat di tiap turnamen dan itu memakan waktu panjang. Semangat dan dinamismenya tidak dilakukan saat kompetisi berlangsung, kami memulainya bersama selama masa persiapan.

Dapatkah Jerman mempertahankan gelar Juara Dunia di 2018 ini?

Kami dapat melangkah jauh, tetapi kami perlu membangun semangat tim sekali lagi. Jerman punya talenta muda yang hebat dan pemain hebat dengan kaliber luar biasa, tetapi mereka harus menunjukkannya di lapangan. Konsep menjadi kesatuan tim selalu dalam pikiran saya, tim selalu menjadi prioritas saya. Jika setiap individu menampilkan performa terbaiknya, tim akan mendapatkan keuntungan dari itu.

Pemain Jerman saat merayakan juara Piala Dunia 2014

Selanjutnya... Prediksi Piala Dunia 2018


Adakah unsur-unsur mengejutkan di sana?

Setiap Piala Dunia ada tim yang membuat Anda berpikir jika mereka bermain bagus, sesuatu bisa terjadi. Terkadang itu berarti mereka dapat mengalahkan tim besar. 

Siapa yang akan menjadi bintang di Piala Dunia kali ini?

Biasanya orang yang sama --superstar seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi— tapi setiap tim punya pemain spesial. Mungkin saja dia bukan nama besar yang kita kenal sekarang, tetapi tiap tim punya sosok penting nan berpengaruh, dan Anda bisa mengidentifikasi dan mengevaluasinya lagi.

Apa harapan Anda pada turnamen di Rusia?

Ini akan menjadi sesuatu yang spesial. Kami berpengalaman di Piala Konfederasi. Dengan banyaknya penonton yang antusias, atmosfer stadion akan luar biasa. Ini akan menjadi Piala Dunia yang fantastis.

Sekarang bicara soal Anda secara pribadi. Anda kini menjadi pencetak gol terbanyak Piala Dunia sepanjang masa. Apakah Anda peduli dengan status dan simbol itu?

Saya tidak berpikir diri saya sebagai ikon, tetapi itu benar-benar luar biasa. Mencetak 16 gol di Piala Dunia menjadi sesuatu yang Anda hanya bisa memimpikannya. Tetapi, saya mempersembahkannya untuk tim saya, karena tak mungkin saya melakukannya tanpa tim.

Apakah rekor ini akan pecah?

Ada banyak pemain fantastis di sana, jadi saya pikir suatu saat itu akan pecah. Saya hanya menunggu dan melihat kapan itu terjadi. Saya tidak akan iri kepada pemain yang melakukannya. Saya bukan tipe pemburu rekor.

Anda mencetak gol ke-16 di Piala Dunia melawan tuan rumah dalam sebuah laga tak terlupakan, menang 7-1 atas Brasil di semifinal ....

Itu luar biasa. Saya sering bertanya mengapa saya butuh percobaan kedua saat mencetak gol itu. Kiper Brasil melakukan penyelamatan hebat pada percobaan pertama, tetapi saya bisa mengantisipasinya dengan baik menjadi gol. Itu laga yang sangat spesial. Bermain sebagus itu melawan Brasil dan memanfaatkan peluang menjadi gol dengan baik, itu adalah performa tim yang sangat fantastis.

Apa kenangan paling berharga di Piala Dunia?

Tanpa keraguan, menjadi juara pada 2014. Banyak potongan kejadian yang masih berkelebatan di kepala saya, di antaranya saat mengangkat piala dengan tangan saya sebagaimana saya lakukan saat pengundian.
Mengatakan itu, tidak saja membuat saya merinding sekarang dan membuat saya berharap bahwa saya masih berada di lapangan. Banyak momen lain juga, seperti Piala Dunia pertama saya di 2002 mencapai final, atau pertandingan fase grup pertama kali melawan Arab Saudi, itu semua terkenang. Kapten mereka hari itu (Sami Al Jaber) juga datang saat pengundian grup di Moskow. Kami melakukan tes doping di saat yang sama pada 2002. Semua cerita, foto, dan kenangan datang berkelindan silih berganti.

Miroslav Klose merayakan gol ke gawang Brasil

Selanjutnya... Peran Baru


Peran baru Anda sebagai pelatih penyerang Timnas Jerman. Seperti apa sosok striker ideal di 2018?

Secara pribadi, saya selalu berpikir pemain seperti Diego Forlan sangat fantastis. Dia adalah striker yang komplet, dan sangat penting hari ini. (Robert) Lewandowski, sebagai contoh, punya sesuatu yang spesial, punya sedikit pada segalanya dan secara keseluruhan sangat kuat. Anda perlu secara konstan agar terus beradaptasi, karena harus menghadapi tiga, empat, atau bahkan lima pemain belakang lawan. Itu artinya, Anda harus bermain sedikit berbeda dan punya banyak kualitas yang membuat Anda susah diprediksi. Kemampuan duel udara dan tendangan akurat tidak lagi cukup.

Setelah Anda mengumumkan pensiun, rekan yang sering memberikan assist, Mesut Oezil, menuliskan, "Terima kasih untuk gol-gol anda, Miro. Anda adalah seorang legenda." Apa yang anda pikirkan tentang Bintang Arsenal itu?

Saya bermain dengannya di banyak turnamen. Dia punya seusatu yang sangat istimewa dan dia punya kaki armada. Saya selalu menemukan pemain dengan kaki kiri yang sangat menarik, karena mereka berbalik dengan cara berbeda. Sangat penting bagi seorang striker punya seseorang seperti dia bermain di belakang mereka. Dia dapat menggiring bola melewati celah pemain lawan, berupaya mengejar hingga putus asa yang memberikan ruang buat Anda. Dia sangat pintar.
Sepakbola telah menjadi permainan yang membutuhkan kecepatan ekstrem serta bagaimana mentransfer ide di kepala ke kaki. Itulah tanda pemain bagus, dan dia dapat melakukannya. Banyak pemain tidak memiliki keberanian, atau mereka melihat celah tapi reaksinya terlalu lamban

Adakah pemain yang bisa Anda bandingkan dengan Oezil?

Salah satu yang muncul di benak saya adalah Johan Micoud di Werder Bremen, yang juga merupakan pemikir cepat. Dia salah satu pemain terbaik di mana saya pernah bermain bersama. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya