Menpar Ingin HAKI Bisa Jadi Agunan untuk Modal Usaha

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, menyatakan, Hak Kekayaan Intelektual atau HAKI, merupakan modal utama bagi pelaku industri kreatif untuk bisa mengembangkan usahanya. 

Stabilitas Sistem Keuangan RI Kuartal I-2024 Terjaga, Sri Mulyani Wanti-wanti Ini 

Karenanya, dia menjamin, dirinya akan memperjuangkan supaya HAKI bisa dijadikan sebagai agunan kepada perbankan untuk mendapatkan modal usaha, sehingga tidak lagi hanya menjadi sertifikat atas inovasi semata.

"HAKI akan jadi jaminan untuk modal. Itu pemikiran saya yang akan saya perjuangkan. Jadi nilai kreatif kita jadikan modal perbaiki masa depan kita," kata dia di acara Dialog Nasional Ekonomi Kreatif, Jakarta, Kamis, 7 November 2019.

Banyak Pilihan Inovasi Generative AI NVidia

Mantan CEO NET TV itu menceritakan, ide tersebut muncul karena saat dia merintis karier sebagai pengusaha di sektor ekonomi kreatif, satu-satunya modal yang dia miliki adalah kreativitas dan inovasi. Bukan dalam bentuk materi, seperti uang.

"Karena sertifikat HAKI punya nilai lebih bagi penggiat ekonomi kreatif, bisa dijadikan jaminan untuk pinjaman modal usaha. Saya selalu menjual mimpi dan kreativitas saya untuk maju, pemikiran itu yang saya jalani selama ini. Saya bukan anak siapa-siapa, tidak punya modal apa-apa, hanya kreativitas," katanya.

Kemenko Ekonomi Ungkap KUR 2024 Telah Tersalur ke 149.602 Debitur hingga April

Karenanya, ketika ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dia memastikan bahwa peluang para pelaku usaha industri kreatif untuk maju akan semakin terbuka lebar. Tidak hanya di perkotaan, namun juga hingga pelosok desa.

"Saya harus dan akan kerja keras agar ekonomi kreatif tidak hanya dinikmati anak-anak muda perkotaan saja. Tapi, juga kota-kota kecil, pedesaan, agar merasakan juga," ujar dia.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa

Buka Kantor Perwakilan di Medan, Bos LPS Ungkap Agar Warga Sumut Makin Percaya Bank

LPS ungkap Provinsi Sumut merupakan salah satu pusat ekonomi di Indonesia. Hal ini terlihat dari porsi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terhadap PDB yang tinggi.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024