Napi Bantu Pembangunan Stadion PD 2014

Pekerja Piala Dunia 2014 Brasil
Sumber :
  • REUTERS/Ueslei Marcelino

VIVAbola - Segala cara dilakukan pemerintah Brasil untuk menyukseskan Piala Dunia 2014. Terakhir puluhan napi dan mantan budak dikerahkan untuk membantu pembangunan stadion di ke-12 kota penyelenggara.

Setidaknya ada 52 napi dan 25 mantan budak yang dikerahkan untuk membantu pembangunan stadion Piala Dunia 2014. Salah satu napi yang terkenal adalah Francisco das Chagas Queiroz, yang dipenjara sejak pertengahan 80-an karena merampok sebuah bank di daerah Minas Gerais.

Kriminal yang akrab disapa Chiquinho itu bersama 51 rekannya ikut membangun Stadion Mineirao di Belo Horizonte. Meski harus berpanas-panasan saat membangun stadion, Chiquinho tetap senang. Pasalnya, dengan ikut program pembangunan stadion ini, Chiquinho mendapat remisi dan akan bebas akhir tahun 2012.

"Ini adalah hal terhebat yang pernah terjadi kepada saya. Pekerjaan seperti ini memberi kami harga diri, memberi kami sesuatu harapan. Jika kami bekerja dengan bagus, mungkin perusahaan mau mempekerjakan kami setelah bebas," ujar Chiquinho seperti dilansir Sports Illustrated.

Selain napi, Brasil juga mengerahkan mantan budak yang membantu pembangunan stadion. Nivaldo Inacio da Silva merupakan salah satu dari 25 mantan budak yang ikut membangun Stadion Arena Pantanal. Silva adalah mantan budak yang dibebaskan pemerintah Brasil dari kerja paksa pada 2010 lalu.

"Saya senang. Sekarang saya punya kebebasan yang saya inginkan. Sebelumnya, kami harus tidur di hutan. Sekarang, kami punya jadwal kerja yang bagus, makanan yang bagus. Tidak ada yang kami keluhkan, karena hidup kami semakin bagus," papar Silva seperti dilansir Reuters.

Pengerahan napi dan mantan budak ini merupakan program Dewan Nasional untuk Keadilan Brasil. Sebelumnya pembangunan stadion untuk Piala Dunia 2014 mendapat hambatan dengan mogoknya ratusan pekerja karena tuntutan kenaikan gaji. (umi)

Pele Batal Nyalakan Obor Olimpiade 2016
Tim penjinak bom Brasil meledakkan paket

Ledakan Terjadi di Lintasan Balap Sepeda Olimpiade 2016

Ditemukan paket misterius di dekat garis finis.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016