Suporter Kibarkan Bendera Nazi, Laga di Liga Rusia Ricuh

Suporter Rusia kibarkan bendera Nazi
Suporter Rusia kibarkan bendera Nazi
Sumber :
  • Daily Mail

VIVAbola - Sepakbola Rusia kembali tercoreng dengan aksi suporter. Kerusuhan terjadi di laga antara Spartak Moscow melawan Shinnik Yaroslavi, Rabu 30 Oktober 2013 waktu setempat di Stadion Shinnik.

Pendukung Spartak memicu kericuhan dengan mengibarkan bendera Nazi di tribun. Tidak sampai di situ, mereka juga menyalakan kembang api dan memantik bom asap jelang turun minum. Pihak keamanan di stadion yang berniat mengamankan suporter justru terlibat bentrok saat pertandingan memasuki menit awal babak kedua.

Melihat suasana tidak kondusif di dalam stadion, wasit Sergey Kostevic menghentikan pertandingan di menit 53. Dilansir dari ESPN, pihak keamanan berusaha meredam suporter menggunakan meriam air. Pertandingan dilanjutkan 20 menit kemudian.

Kepala Kementrian Dalam Negeri di wilayah Yaroslav, Nikolay Trifonov mengatakan, provokasi itu telah direncanakan sebelumnya. "Kami tidak mendapat laporan apapun dari suporter Shinnik. Semua laporan datang dari pendukung Spartak. Setelah pertandingan, kami menahan 78 orang," kata Trifonov dikutip dari ESPN.

Insiden ini kian menambah panjang daftar hitam masalah di sepakbola Rusia. Sebelumnya, gelandang Manchester City (ManCity), Yaya Toure mengalami insiden rasis saat bertanding melawan CSKA Moscow di babak penyisihan grup Liga Champions beberapa waktu lalu.

Buntut dari dua kasus tersebut, Komite Disiplin Federasi sepakbola Rusia (RFU) akan menemui Mentri Olahraga Rusia, Vitaly Mutko untuk mencari jalan keluar atas masalah yang timbul di sepakbola Rusia akhir-akhir ini.