Daftar 5 Tim Paling Berisik di Pentas Eropa

Dukungan penuh suporter Real Madrid
Sumber :
  • AS
VIVA.co.id -
Rekor Buruk Mourinho di MU
Tak dipungkiri jika dukungan para suporter tentu sangat vital bagi sebuah tim. Tak heran ada anggapan jika penonton menjadi pemain ke-12 bagi sebuah tim saat mereka bermain di kandang.

MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Teriakan-teriakan para penonton seakan menjadi pelecut semangat bagi para pemain yang bertanding. Bagi tim lawan tentu suara para penonton menjadi bentuk intimidasi. Sehingga sangat beralasan jika tim tuan rumah kerap tampil lebih ngotot dalam sebuah pertandingan.
Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus


Terkadang, sebuah klub dikatakan sukses jika memiliki jumlah pendukung yang melimpah. Dan tentu saja dengan banyaknya pendukung yang datang tentu akan meningkatkan pendapatan klub dari penjualan tiket dan merchandise.


Nah, berikut ini 5 klub elite Eropa yang dianggap memiliki pendukung paling fanatik dan berisik:


1. Chelsea

Chelsea memang sedikit diuntungkan dengan letak geografis mereka di ibu kota Inggris, London. Di kota ini, Chelsea punya jutaan pendukung yang dikenal sangat militan. Para fans ini juga tersebar di beberapa jejaring sosial macam Facebook, Twitter hingga Instagram.


Di media sosial Facebook, The Blues memiliki penggemar sebanyak 40 juta orang. Sedangkan di twitter, klub besutan Jose Mourinho ini punya 5 juta followers. Lalu di Instagram, Chelsea punya 1,7 juta fans. Tak heran jika stadion akan selalu bergemuruh saat Chelsea bermain di Stamford Brdige.


2. Arsenal

Klub yang juga berasal dari London ini juga punya pendukung yang melimpah. Untuk twitter, Meraim London tercatat punya 5,19 juta followers. Sedangkan di Facebook, tim besutan Arsene Wenger ini punya 32 juta fans. Lalu di Instagram, mereka punya 1,5 juta penggemar.


3. Barcelona

Dominasi Barcelona dalam satu dekade ini rupanya sukses mendongkrak popularitas klub Katalan ini. Blaugrana saat ini memiliki 13,9 juta followers, 6 juta fans di Instagram dan 81,4 juta fans di Facebook. Tak heran stadion Camp Nou akan selalu dipenuhi penonton terutama saat bersua rival abadinya, Real Madrid


4. Manchester United

MU mungkin musim ini tengah tampil tak begitu konsisten. Namun hal itu tak mencegah nama besar MU. Di Facebook, Iblis Merah tercatat memiliki 61 juta followers. Sedangkan di Twitter, tim besutan Louis van Gaal ini punya 3.8 juta followers.


5. Real Madrid

Tak dipungkiri jika Real Madrid menjadi salah satu klub yang paling banyak memiliki pemain bintang. Tak heran penampilan Madrid selalu ditunggu. Tim ibu kota Spanyol ini punya 14,4 juta fans di twitter dan 80,9 juta di Facebook. Di Instagram, El Real punya 6,1 juta penggemar. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya