14 Presiden Klub Paling Nyentrik & Gila di Dunia Bola (2)

Presiden AC Milan, Silvio Berlusconi
Sumber :
  • REUTERS/Stringer/Files

VIVA.co.id - Sepakbola adalah olahraga yang penuh warna. Mulai dari aksi di lapangan sepakbola, ruang ganti, sampai aksi para pemilik-pemiliknya yang kadang nyeleneh.

Komentar konyol, transfer heboh, sampai ikut mencibir lawan adalah sikap-sikap iseng mereka yang kerap muncul. Berikut daftar bos-bos besar sepakbola paling nyentrik dan kontroversial, seperti yang dilansir dari Soccerway:

Lihat bagian pertama di sini.

Louis Nicollin

Presiden Montpellier ini adalah sebuah karakter unik dalam sepakbola. Setelah mengambil alih klub 40 tahun lalu tepatnya pada 1974, Nicollin berhasil merasakan promosi dari divisi amatir sampai menembus Ligue 1 dan hingga akhirnya juara pada 2012.

Ide Barter Kapten Milan dengan Pemain Serba-bisa Juventus

Sebelumnya, Nicollin juga sempat menyatakan lebih tertarik untuk mendatangkan kembali Rolland Courbis (yang sekarang kembali melatih Montpellier) daripada Carlo Ancelotti karena Courbis "bisa naik ke Ligue 1 melatih pemain-pemain yang kebanyakan memiliki keterbelakangan mental".

Maurizio Zamparini

Juga dikenal sebagai presiden yang hobi memecat pelatih. Setelah berhasil menyelamatkan Venezia dari kebangkrutan pada 1987, 15 pelatih dipecatnya dalam 15 tahun. Hijrah ke Palermo pada 2002, Zamparini secara fenomenal memecat 25 pelatih dalam waktu 10 tahun sebelum digantikan pada 2013.

Pernah mengancam akan memotong buah zakar pemainnya, memanggil Adrian Mutu sebagai gipsy yang penuh gaya, tapi dianggapnya sebagai pujian, dan bahkan sempat mengatakan kalau wasit yang bersalah harus dipenjara.

Massimo Ferrero

Disebut gila oleh Zamparini setelah sang presiden Palermo dituding akan membunuhnya. Tapi, Ferrero memang punya kebiasaan mencari masalah dengan para sesama pemilik klub. Bos Sampdoria ini sempat bermasalah dengan bos Lazio, Claudio Lotito karena membandingkannya dengan diktator Italia, Benito Mussolini. Selain itu dengan presiden baru Inter Milan asal Indonesia, Erick Thohir, saat menyebut Thohir sebagai orang Filipina.

Zdravko Mamic

Bos besar Dinamo Zagreb ini sangat jago dalam urusan mencari kontroversi sejak mengambil alih klub Kroasia tersebut pada 2003. Pernah mengakui secara terbuka terlibat pengaturan skor, disanksi dari sepakbola seumur hidup, karena menyerang petinggi Federasi Sepakbola Kroasia (tapi sanksinya lalu dicabut tak lama kemudian), dan punya kebiasaan mencemooh rival baik di level sepakbola atau politikus yang tak disukainya. Pernah menyuruh wartawan untuk merekam kemaluannya dan minta diunggah ke Youtube.

Sam Hammam

Businessman asal Lebanon ini berhasil memberikan Wimbledon empat promosi dalam sembilan tahun, dari non-league ke Premier League lewat jalur juara Piala FA. Hijrah ke Cardiff City pada 1997, reputasinya sebagai presiden gila tetap bertahan. Pernah memasukkan klausul aneh saat ingin membeli Spencer Prior, yaitu harus memakan testis kambing. Syarat yang diterima oleh pemain belakang tersebut. Sekarang, Hammam menjadi presiden kehormatan Cardiff.

Silvio Berlusconi

Mustahil untuk menghilangkan nama Berlusconi dari daftar ini setelah aksinya yang membangkitkan AC Milan pada era 1980-an, 1990-an, dan awal 2000-an. Namun, eks Perdana Menteri Italia ini sarat kontroversi. Sempat mengatakan sulit menurunkan angka pemerkosaan di Italia karena wanitanya terlalu cantik, dan beberapa kali Berlusconi juga tertimpa masalah yang berbau "selangkangan".

Ibrahimovic Berpotensi Akhiri Kutukan Nomor 9 di AC Milan

Rumor mengatakan, Berlusconi kemungkinan akan menjual sahamnya dalam beberapa pekan ke depan, sesuatu yang mungkin diharapkan oleh banyak fans Rossoneri.

Gigi Becali

Pemilik Steaua Bucharest ini baru saja keluar dari penjara. Pada 2010, pernah menegaskan tidak akan membeli pemain gay, menolak untuk membeli Florent Sinama-Pongolle karena berkulit hitam, dan juga sering berkomentar berbau anti-Semit. Pada 2005, pernah meminta dibuatkan lukisan "Last Supper" dengan dirinya di tempat Yesus Kristus dan ditemani 11 pemain Steaua. Becali sekarang menegaskan kalau di sudah berubah setelah menemukan Tuhan di balik jeruji besi.

![vivamore="Baca Juga :"]

MU Menangkan Drama 6 Gol Atas ManCity

Kata Van Gaal Usai MU Menang di Derby Manchester

Ditegur, BOPI Malah Anggap FIFA Lakukan Pelecehan

Unggahan Ambigu Zlatan Ibrahimovic Bikin Fans Leeds United Kepedean
[/vivamore]
Alfredo Lindley. Kepolisian Milan via BBC Indonesia

Dalang Perampokan Terbesar Inggris Diburu, Pesohor Dunia Korbannya

Alfredo Lindley dituduh terlibat dalam mendalangi serangkaian perampokan, termasuk rumah mantan pesepakbola Chelsea Frank Lampard. Disebut perampokan terbesar.

img_title
VIVA.co.id
5 November 2021